Level Keamanan Lima "Mobil India" Mengecewakan

Kompas.com - 18/05/2016, 12:02 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

London, KompasOtomotif – Mobil – mobil produksi India mendapat hasil mengecewakan dalam serangkaian uji tabrak Global NCAP (New Car Assessment Program). Dari hasill yang dirilis pada Selasa (17/5/2016), mengungkap, Renault Kwid, Mahindra Scorpio, Hyundai Eon, Maruti Suzuki Celerio, dan Eeco, dilabeli nol bintang.

Salah satu tujuan mobil murah dibuat untuk menggeser pembeli sepeda motor jadi mengincar kendaraan dengan atap. Namun tampaknya para produsen kesulitan menyertainya dengan paket fitur keselamatan.

Global NCAP Hasil uji tabrak Global NCAP pada lima model yang dijual di India.
Sorotan utama dari kelima model yang diuji yakni pada Renault Kwid. Model khusus India yang berbagi platform dengan Datsun redi-GO ini diganjar nol bintang meski salah satu varian yang diuji sudah menggunakan satu kantong udara di depan.

Pada varian tanpa kantong udara, Kwid mendapat nol bintang untuk perlindungan penumpang dewasa dan dua bintang buat perlindungan anak kecil. Global NCAP mengungkap struktur mobil di bagian kompartemen penumpang hancur ketika tabrakan jadi alasan hasil tersebut.

Rating yang sama juga didapat pada varian dengan kantong udara. Bedanya, struktur tidak hancur namun masih dikategorikan tidak stabil. Setelah dicek, penguatan bodi hanya ada pada sisi pengemudi.

Sekretaris Jendral Global NCAP David Ward mengatakan, hasil pada mobil – mobil India menunjukan betapa pentingnya penting mobil memiliki cangkang bodi yang tetap stabil saat kecelakaan. Kondisi itu dikatakan syarat mutlak untuk keselamatan penumpang bersama dengan pemasangan setidaknya kantong udara depan.

“ini sangat mengejutkan pemanufaktur seperti Renault memperkenalkan Kwid tanpa fitur esensial. Global NCAP percaya tidak ada pemanufaktur di mana pun di dunia seharusnya mengembangkan model baru yang jelas – jelas di bawah standar,” kata Ward.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.