Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Rancang Mobil Listrik dari Kayu

Kompas.com - 07/03/2016, 15:34 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Milan, KompasOtomotif – Toyota merancang konsep mobil bernama Setsuna yang siap dipajang di Milan Design Week bulan depan. Model roadster ini tampil unik sebab Toyota memutuskan membuatnya menggunakan bahan yang sudah lama tidak digunakan otomotif untuk konstruksi dalam jumlah besar, yaitu kayu.

Nama Setsuna berasal dari bahasa Jepang yang berarti momen. Mobil ini berkapasitas 2-penumpang, memiliki panjang 3,03 m, lebar 1,48 m, dan tinggi 0,97 m, dengan wheelbase 1,7 m.

Setsuna memiliki rangka, panel bodi, lantai, bahkan jok dari kayu. Dalam keterangan resminya, Toyota mengatakan memilih kayu karena material itu tahan lama dan cenderung berubah seiring waktu. Hal itu dianggap merefleksikan usaha Toyota yang ingin mengembangkan hubungan manusia dengan mobil.

Bila dirawat dengan baik, kayu bisa bertahan lintas generasi. Selain itu kayu juga berubah tekstur dan warna mengikuti lingkungan yang dipengaruhi temperatur dan kelembapan. Sifat alami ini membawa karakter Setsuna ke tingkat lebih dalam.

Menurut Forbes seperti diberitakan Autoblog, Sabtu (4/3/2016), Setsuna bisa dikendarai meskipun tidak bisa jauh. Dalam laporannya dikatakan Setsuna bergerak menggunakan enam baterai yang membuatnya bisa digunakan sejauh 25 km dengan kecepatan 45 kpj.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com