Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mabua Buka-bukaan soal ”Margin” Harley-Davidson

Kompas.com - 11/02/2016, 08:40 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Momen pengumuman resmi tak memperpanjang keagenan merek Harley-Davidson dimanfaatkan Presiden Direktur PT Mabua Motor Indonesia (Mabua) Djonnie Rahmat untuk curhat dan membuka ”dapur” secara terang-terangan.

Dikatakan di depan wartawan, komunitas, petinggi perusahaan, karyawan, dan pejabat IMI, di diler utama Mabua Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Rabu (10/2/2016), Djonnie berusaha menampik tuduhan miring ke Mabua yang dianggap punya margin (keuntungan) sangat besar.

”Kalau melihat harga motor kita, lalu dibandingkan asilnya di Amerika, bedanya jauh. Ini membuat orang menganggap Mabua ambil banyak untung. Saya dengar seperti itu. Saya katakan di sini, harga pabrik pada dasarnya sama, yang membedakan adalah sistem tarif, perpajakan, dan logistik,” ujar Djonnie.

Dirinya lantas membeberkan bahwa di Indonesia, peraturan-peraturan untuk importir moge begitu berat. Pajak dan tarif masuk mencapai 300 persen dari harga dasar. Itu pun belum ditambah Bea Balik Nama (BBN). Sementara pajak di negara lain (untuk impor moge) rata-rata di bawah 10 persen.

[Baca: Peraturan Pemerintah Bikin Ngeri Importir Moge]

”Sebenarnya margin di luar negeri wajarnya 35 persen. Untuk kami, margin  5-7 persen saja sulit. Karena kami punya hati. Kami tidak utamakan jualan, tapi kebersamaan. Bisa murah, sim salabim, tak bayar pajak, sampai garasi. Tapi itu tidak dilakukan Mabua,” ucap Djonnie.

Karena pajak yang terlampau tinggi itulah, Mabua menerapkan kebijakan batas atas. Djonnie mengatakan tidak mungkin ambil untung banyak sementara harga motornya sudah berlipat-lipat karena pajak. Belum lagi penurunan nilai tukar rupiah sampai 40 persen, membuat stok yang dibeli dengan dollar AS, harus dijual merugi.

”Kami ingin menampung keinginan banyak orang punya Harley-Davidson. Bahkan karyawan beli Harley cuma bayar 50 persen. Apakah itu untung? Tidak. Kami ingin merealisasikan orang yang jatuh cinta untuk terlibat, bisa menikmati,” kata Djonnie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com