Virus Zika Juga "Serang" Produsen Mobil

Kompas.com - 03/02/2016, 12:03 WIB
Tata Motor harus mengganti nama hatchback Zica karena penyebutannya mirip nama virus mematikan. Tata MotorsTata Motor harus mengganti nama hatchback Zica karena penyebutannya mirip nama virus mematikan.
|
EditorAgung Kurniawan

Greater Noida, KompasOtomotif – Tak hanya menyerang manusia, virus Zika yang mulai mewabah di berbagai negara dunia ternyata juga membawa dampak di dunia otomotif. Paling tidak, Tata Motors di India yang menyatakan bahak mengganti nama hatchback Zica.

Ejaan memang berbeda, namun saat diucapkan, ”Zica” pada Tata dan ”Zika” untuk virus mematikan hampir sama. Penggantian nama berdasar atas pilihan perusahaan menjaga perasaan korban dan keluarga yang terserang Zika.

”Atas dasar empati kami akibat virus Zika di berbagai negara di dunia, Tata Motors sebagai perusahaan yang peduli sosial, memutuskan untuk mengganti nama mobil,” sebut pernyataan resmi KompasOtomotif, Selasa (2/2/2016).

Menurut perusahaan, arti sebenarnya dari Zica adalah ”Zippy Car”, atau kurang lebihnya diartikan sebagai mobil yang menyenangkan. Hatchback bermesin 1.200 cc ini akan ditunjukkan pertama kali di Auto Expo 2016, di Greater Noida, India, mulai Rabu (3/2/2016).

Kendati demikian, perusahaan akan tetap memamerkan mobil ini dengan nama Zica, karena keputusan penggantian nama sangat mendadak. Nama baru akan diumumkan dalam beberapa minggu ke depan, sekaligus menjadi agenda peluncuran resmi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X