Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tata Motors Belum Tertarik Jual Pesaing Avanza

Kompas.com - 30/12/2015, 07:22 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– Selama dua tahun di Indonesia, Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) lebih fokus bersaing di segmen kendaraan komersial ketimbang penumpang (passenger). Komitmen ini ditunjukkan dengan rencana peluncuran lima produk baru di 2016, di mana semuanya berlabel mobil niaga. 

Marketing Advisor TMDI Manoj Arora mengatakan, kendaraan komersial Tata mudah diterima oleh masyarakat Indonesia. Tetapi, bukan berarti kesulitan menjual mobil penumpang. Model Tata Manza, Vista, Aria, dan Safari Storme tetap dibeli, namun tidak sebanyak komersial.

“Kita sampai tahun depan akan fokus 100 persen di kendaraan komersial. Tetapi tidak menutup kemungkinan di tahun berikutnya akan ada produk baru disegmen kendaraan penumpang, mengingat target kita sampai 2019 masuk 10 besar di Indonesia,” ujar Manoj saat acara Media Gathering di kawasan Pondok Indah, Jakarta Pusat, Selasa (29/12/2015).

Mendengar pernyataan Manoj yang menargetkan masuk 10 besar di pasar otomotif dalam negeri pada 2019, KompasOtomotif bertanya, apakah tidak tertarik menjual kendaraan multi guna bawah (Low Multi Purpose Vehicle/LMPV) seperti Avanza, Xenia, dan Mobilio? Mengingat pasar terbesar di Indonesia adalah segmen LMPV.

“Sekarang kami sama sekali tidak memiliki rencana ke atas itu (LMPV). Kita fokus di kendaraan komersial dulu, tetapi mungkin saja sampai 2019 kita memiliki produk tersebut,” ujar Manoj saat wawancara eksklusif dengan KompasOtomotif.

Pria asal India itu menambahkan, jajaran produk Tata Motors secara global sangat komplet, baik komersial atau penumpang. Sehingga, sangat mudah membawa atau menjual kendaraan penumpang di Indonesia.

Berdasarkan data penjualan wholesales (penjualan dari pabrik ke diler) yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari-November 2015, LMPV terjual 242.982 unit. Avanza peringkat pertama  dengan 125.506 unit, Xenia 33.440 unit, dan Mobilio 23.913 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com