Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nakhoda Baru Tata Motors India Berdarah Jerman

Kompas.com - 20/01/2016, 09:32 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif — Tata Motors Ltd mengumumkan pergantian nakhoda. Guenter Butschek terpilih untuk menjadi Chief Executive Officer (CEO) dan Managing Director Tata Motors. Pria Jerman itu akan mulai bergabung dengan perusahaan asal India itu pada 15 Februari 2016.

Butschek akan memimpin operasi Tata Motors di India dan beberapa pasar internasional lainnya, yakni Korea Selatan, Thailand, Indonesia, hingga Afrika Selatan.

Sementara itu, produk Jaguar Land Rover akan tetap dipimpin oleh Chief Executive Officer dan Director Dr Ralf Speth, yang juga merupakan anggota Dewan Direksi Tata Motors.

Karier
Sebelumnya, Guenter Butschek bekerja di Airbus Group sebagai Chief Operating Officer dan anggota Group Executive Committee Airbus. Sebelum meniti karier di Airbus, Butschek juga bekerja di Daimler AG selama 25 tahun di bagian manajemen otomotif internasional.

Dia memimpin bagian produksi, industrialisasi, dan pembelian sebagai President and Chief Executive Officer di Beijing Benz Automotive Co Ltd, sebuah usaha patungan (joint venture) antara Daimler AG dan Beijing Automotive Industrial Holding yang berpusat di Beijing, China.

Butschek (55) merupakan lulusan ilmu administrasi bisnis dan ekonomi dengan gelar diploma dari University of Cooperative Education Stuttgart, Jerman. Dia dikenal memiliki keahlian di bidang manajemen dan pengalaman internasional yang akan dia kontribusikan kepada Tata Motors.

"Tata Motors tengah dalam suasana menggembirakan sekaligus menantang, dan Butschek datang pada saat yang tepat. Dia kaya akan pengalaman global dalam mengembangkan perusahaan dan pasar baru. Saya memiliki keyakinan terhadap kemampuannya untuk memimpin tim kami yang luar biasa agar perusahaan dapat mewujudkan pertumbuhan yang positif dan berkelanjutan," ucap Cyrus P Mistry, Chairman Tata Motors Ltd.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com