Kompas.com - 13/01/2016, 19:47 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Purwakarta, KompasOtomotif – Nissan Motor Indonesia (NMI) masih optimis pada Teana yang mengisi segmen sedan menengah. Kendati total volume sedan tidak berkembang signifikan dari tahun ke tahun, peminatnya dikatakan selalu ada.

Budi Nur Mukmin, General Manager Marketing Strategy & Product Planning NMI, menjelaskan sasaran segmen sedan menengah ditujukan untuk para eksekutif sekelas General Manager atau Direktur perusahaan. Pasar itu memang tidak besar tapi dikatakan tetap stabil.

Bila dibelah lebih dalam, Budi mengungkap pembeli sedan menengah secara umum hanya terbagi dua, yaitu pribadi dan “borongan” (fleet) seperti perusahaan atau instansi. Porsi “50:50” itu juga terjadi pada Teana.

Menurut data wholesales milik asosiasi kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo), selama Januari – Desember 2015 Teana laku 155 unit, turun dari periode yang sama pada 2014 sebesar 268 unit. Pembelinya disebut kelas pejabat pemerintahan, eksekutif perusahaan, atau pengusaha.

“Tren ini sebenarnya sama seperti di Thailand karena pasarnya sedan menengah itu sudah dewasa. Teana ditujukan buat orang yang mau mendapat image kemewahan,” papar Budi.

Permintaan fleet sedan NMI sebenarnya bukan hanya Teana, model lain yang diimpor khusus untuk memenuhi permintaan yaitu sedan kompak Almera buat taksi. NMI sempat menjual 502 unit Almera pada 2014 tapi tidak berlanjut pada 2015.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.