Suzuki Jimny untuk Indonesia Asli "Berdarah" Jepang

Kompas.com - 11/01/2016, 15:22 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah memastikan akan memasarkan model legendarisnya, Jimny, paruh pertama 2016 ini. Mini Sport Utility Vehicle (SUV) bakal berstatus impor utuh (completely built up/CBU) asal Jepang.

Donny Saputra, Kepala Pengembangan Produk SIS mengatakan, karena berstatus "darah" Jepang, maka Jimny yang dipasarkan untuk Indonesia tidak akan mengalami ubahan spek apapun. Artinya, produk yang dipasarkan untuk Indonesia, sama kondisinya dengan yang ada di negara asalnya.

Jimny, kata Donny, akan menyasar kepada penggemar off-road di Tanah Air yang sudah mengenal ketangguhan model ini sejak lama. Spesifikasi yang lengkap sudah menjadi tuntutan para calon konsumen guna menunjang aktivitas di luar lintasan aspal.

“Jadi memang kita bawa untuk konsumen yang benar-benar sudah mengenal Jimny dan butuh kendaraan 4x4 berukuran tanggung. Jimny adalah sang legenda yang sudah lama dinantikan kehadirannya oleh masyarakat Indonesia,” ujar Donny saat dihubungi KompasOtomotif, Senin (11/1/2016).

Konsumen Jimny di Indonesia, lanjut Donny, sebagian besarberasal dari perusahaan (fleet) yang berdomisili di wilayah yang memiliki kontur jalan ekstremTetapi, semua orang yang suka bisa membelinya.

“Meski lebih banyak konsumen fleet, orang lain atau perseorangan juga tetap bisa membeli. Tetapi menurut saya kebanyakan yang sudah tahu dengan nama Jimny, untuk itu dari spesifikasi dan fitur tetap sama seperti yang dijual di luar negeri,” kata Donny.

Di Jepang, Jimny dibekali mesin bensin tipe M13A 1.3-liter VVT dan berpenggerak 4WD. Jantung pacu tersebut mampu menghasilkan tenaga  83 tk pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm di 4.100 rpm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.