Cara Toyota Innova Tetap Bisa Irit di Mata Konsumen

Kompas.com - 04/12/2015, 07:41 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Singaraja, KompasOtomotif – Semua tipe All-New Innova kini dilengkapi dengan dua pilihan mode berkendara tambahan, Eco dan Power. Fitur ini merupakan jawaban pengembangan pada generasi kedua Innova atas keluhan konsumen soal konsumsi bahan bakar.

Febri Ardani/KompasOtomotif Test drive All-New Innova test drive di Bali, Kamis (3/12/2015).
Pengemudi sekarang punya pilihan karakter berkendara yang bisa disesuaikan dengan kondisi jalan. Saat test drive All-New Innova di Bali, Kamis (3/12/2015),  Iwan Abdurrahman dari Technical service Division Toyota Astra Motor menjelaskan dengan sederhana ketika salah satu mode berkendara itu aktif maka bagian yang berubah hanya sistem pedal gas.

Pada Eco, perintah dari tekanan pedal gas tidak sama diterima mesin. Electronic Control Unit (ECU) bertugas mengurangi persentasenya sesuai kebutuhan. Hasilnya, respon pedal gas seperti melambat jadi gerak mobil tidak bisa agresif untuk memangkas pemborosan pemakaian bahan bakar.

Pada Power, ECU menambahkan persentase. Jadi rasanya meski pedal gas ditekan sedikit, mesin menerima perintah lebih besar. Pada saat ini mobil menjadi lebih responsif dan mau diajak bergerak lebih cepat.

“Karena komputer yang atur, tergantung rpm (putaran mesin) dan kecepatan berapa. Mengurangi atau menambah tekanan pedal gas kita tanpa kita sadari,” jelas Iwan.

Sejak generasi pertama, Innova sudah menggunakan sistem elektronik buka-tutup gas drive by wire. Namun kondisinya, ECU yang digunakan tidak bisa diaplikasikan mode berkendara. Pada generasi baru, selain menggunakan dua pilihan mesin baru diesel 2.4L dan bensin 2.0L dual VVT-i, Innova juga menggunakan ECU baru yang lebih dinamis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.