Kompas.com - 02/12/2015, 13:08 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Valencia, KompasOtomotif – Setelah ”turun gunung” untuk pertama kalinya di Red Bull Ring, Spielberg, Austria, beberapa waktu lalu, KTM terus berimprovisasi dan memecut RC16 MotoGP agar lebih cepat. Mereka kembali rampung melakukan tes, kali ini di Valencia, Sabtu-Minggu (28-29 November 2015).

Test rider sebelumnya, si gaek Alex Hofmann, kini ditemani Mika Kallio mengitari sirkuit Ricardo Tormo puluhan lap. Misi mereka adalah terus mencari kelemahan sepeda motor dan memberi masukan serta data-data penting untuk melakukan perbaikan di berbagai sektor KTM RC16.

KTM tidak merilis catatan waktu, namun produsen sepeda motor asal Austria itu menyatakan bahwa sepeda motor berkembang sesuai dengan arah. Hofmann memberi data penting pada Sabtu, sementara Kallio yang pernah menunggangi Pramac Ducati pada 2010 mampu mendorong RC16 sampai limit.

Dalam siaran resmi, Mike Leitner, Manajer yang memimpin proyek kembalinya KTM ke MotoGP, menyatakan kegembiraannya dengan perkembangan yang diperoleh tim. Dikatakan bahwa KTM terus mengejar kesiapan untuk musim 2017, meski CEO Stefan Pierer pernah mengungkap keinginannya untuk tampil lebih cepat pada seri terakhir 2016 di Valencia.

KTM RC16 menggunakan mesin 90 derajat V4, dibungkus rangka trelis. Bocoran menyebut tenaganya mencapai 270 tk, menggunakan girboks seamless, dikembangkan bersama teknologi KTM X-Trac.

Masih banyak pekerjaan rumah untuk KTM, termasuk mencari rider yang pas untuk menunggangi sepeda motor baru. Tes selanjutnya akan dilakukan pada Februari 2016 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.