Kompas.com - 25/11/2015, 16:03 WIB
Perubahan Innova generasi baru dibanding lama sebesar 95 persen. Febri Ardani/KompasOtomotifPerubahan Innova generasi baru dibanding lama sebesar 95 persen.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Perubahan pada All-New Kijang Innova bukan hanya pada desain tapi juga proses produksinya. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah mengungkap butuh Rp 5 triliun investasi untuk memodernisasi pabrik Karawang Plant I di Karawang, Jawa Barat, yang selama ini merakit Kijang Innova.

Pembaruan itu termasuk penambahan 80 robot baru untuk mendukung proses otomatisasi. Selain untuk akurasi, durabilitas, dan meningkatkan kualitas, perubahan fasilitas pabrik mengikuti desain Innova yang berubah total. Dikatakan, transformasi All-New Innova sampai 95 persen dari generasi sebelumnya.

Febri Ardani/KompasOtomotif Produksi All-New Innova di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang I, Jawa Barat.
Selain itu, TMMIN juga mengatakan menambah jumlah pemasok komponen untuk memproduksi Innova. Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden TMMIN, menjelaskan, jumlah pemasok komponen bertambah menjadi 123 perusahaan.

“Jadi ada tambahan 16 suplier baru. Kalau yang murni Indonesia ada 20 pemasok, seperti resin, injeksi, dan press part. Mereka semua tier 1,” kata Warih saat peluncuran All-New Innova, di Jakarta, Senin (23/4/2015).

Total konten lokal Innova baru mencapai 85 persen, meningkat jauh dari kadar 18 persen milik generasi Kijang pertama yang diproduksi pada 1977.

Kapasitas Karawang Plant I mencapai 130.000 unit per bulan untuk Innova dan Fortuner. Volume produksi All-New Innova hingga 60.000 unit per tahun, 18.000 unit dari itu ditujukan buat pasar ekspor sedangkan sisanya untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.