Kompas.com - 06/10/2015, 17:01 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Johor Bahru, KompasOtomotif – Proton memberikan kejutan di ajang Alami Proton, belum lama ini di Johor Bahru, Malaysia. Merek mobil nasional Negeri Jiran ini menampilkan Proton Pick-up Concept, suatu mobil konsep niaga pikap kabin ganda yang dipajang di Proton Styling Studio.

Cukup menarik, karena jika diteliti lebih detail, pikap ini jelmaan dari MPV Exora. Seperti dilansir Paultan (3/10/2015), tanda-tandanya cukup familiar dilihat dari pilar A dan pintu depan. Jika dilongok ke dalam, tampak dasbor Exora sangat jelas.

Tapi lebih penting dari itu, Proton berhasil menyajikan konsep pikap yang atraktif dengan desain agresif. Bagian depan misalnya, banyak ornamen seperti dilakukan Ford untuk F-150 Raptor. Tapi yang ini jauh lebih kompleks.

Terselip di antara gril besar dan rumit itu adalah lampu utama dan sein berteknologi LED. Bagian bemper dipasangi rumah lampu kabut. Secara keseluruhan bagian depan tampak kokoh dengan kap mesin yang berkontur.

Begitu juga di bagian belakang, pikap tampak atraktif dengan ornamen berbahan plastik di antara bodi. Lampu belakang juga dibuat kecil, tak ketinggalan pijakan kaki yang justru membuatnya tampak kurang kokoh.

Tentu saja mobil ini masih berstatus konsep dan dalam tahap studi. Proton sebelumnya sudah pernah membangun pikap Arena yang didesain memanfaatkan platform Wira.

”Kami melihat sukses Jumbuck (pikap Arena di Australia). Tidak ada alasan untuk tidak memasuki segmen yang kami anggap menguntungkan,” kata Head of Design Proton Azlan Othman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber paultan
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.