Kompas.com - 18/08/2015, 08:02 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) sudah memutuskan bakal ikut dua pameran otomotif akbar yang akan diselenggarakan bersamaan di Jakarta dan Tangerang Selatan (Tangsel) pada pada 20 Agustus – 30 Agustus 2015. Tapi khusus untuk publik di Tangsel, NMI akan mempersembahkan penampilan yang berbeda yakni debut di Indonesia buat mobil konsep, Esflow.

Nama Esflow mungkin sedikit asing, pasalnya prototipe mobil sport ini telah berumur empat tahun sejak diperkenalkan pertama kali untuk global pada Februari 2011 di Geneva Motor Show. Saat itu, Nissan mengatakan desainnya terinspirasi model produksi Z dan memiliki nafas GT-R.

Nissan Esflow Lampu belakang mobil konsep Nissan Esflow mirip Juke.
Meski begitu Esflow bertenaga listrik. Sumber tenaganya berasal dari paket baterai lithium-ion yang sama seperti milik Leaf. Beda seperti Leaf, paket baterai diletakan di tengah wheelbase agar mempertahankan pusat bobot kendaraan. Bicara soal desain, lampu depan dan belakang mirip crossover Juke.

“Kita itu ada beberapa pilihan memajang mobil konsep, yang ditawarkan ke kita ada dua atau tiga. Esflow dipilih karena menurut kami appeling point-nya tinggi,” ujar General Manager Marketing Strategy and Product Planning NMI, Budi Nur Mukmin, kepada KompasOtomotif pekan lalu.

Selain itu, menurut Budi, Esflow sesuai dengan tema konsep pameran yang diusung yaitu mobil ramah lingkungan. Esflow juga bisa dianggap sebagai “pelicin” usaha NMI memperkenalkan teknologi hibrida lewat X-Trail Hybrid.

“Mobil konsep itu kan sebenarnya ada beberapa fungsi, salah satunya tentu saja sebagai eksibitor, lainnya sebagai prototipe untuk masa depan. Dua fungsi ini masih relevan, mobil konsep Esflow belum diproduksi. Toh customer juga belum pernah lihat,” tambah Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.