Agar Mudik Tetap Asyik Bersama si Kecil...

Kompas.com - 04/07/2015, 11:31 WIB
illustrasi Adhis Anggianyillustrasi
|
EditorLatief

Agenda pertama wajib disiapkan adalah makanan, minuman, dan camilan sehat. Tak lupa, bantal kesayangannya agar anak bisa tidur nyaman.

Beberapa baju ganti juga harus disediakan dan mudah diambil. Termasuk juga, obat-obatan yang diperlukan untuk berjaga-jaga. Agar anak tidak bosan, buku bacaan dan mainan favoritnya pun perlu disiapkan dan terjangkau dari tangan anak Anda.

Selain itu, apalagi yang bisa orang tua lakukan agar agenda mudik jadi momen menyenangkan tahun ini? Berikut ulasannya!

Bikin penasaran

Beberapa hari menjelang keberangkatan, buatlah brosur sederhana. Boleh ditulis tangan atau diketik rapi dengan komputer. Namun, jangan lupa gunakan gambar dan warna-warna meriah agar anak tertarik.

Masukkan tempat-tempat menarik yang akan dilewati sepanjang perjalanan dalam brosur tersbut. Lalu, jelaskan dengan singkat aktivitas menyenangkan selama perjalanan nanti.

Tak hanya itu. Jika diperlukan, orang tua juga bisa memberikan tantangan kecil untuk mereka. Misalnya, jika selama perjalanan mereka tidak menangis atau rewel maka akan mendapatkan hadiah berupa kupon membeli mainan. Dengan begitu, anak jadi termotivasi dan tidak bete selama perjalanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Waktu mendongeng

Siapkan cerita menarik. Ada baiknya Anda pilih dongeng yang berhubungan dengan kampung halaman. Jika tidak ada, Anda bebas mengarang sendiri.

Ceritakan dongeng dengan gaya seasyik dan semenghibur mungkin. Selain menanamkan kecintaan terhadap daerah asal, anak pun akan lebih bersemangat untuk segera sampai di tujuan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.