Kompas.com - 16/06/2015, 07:25 WIB
Saat ini, suhu Jakarta di siang hari bisa mencapai 35 derajat celcius. Bila mobil sering terkena paparan langsung panas matahari setinggi itu, warna cat jadi terlihat kusam. Adhis AnggianySaat ini, suhu Jakarta di siang hari bisa mencapai 35 derajat celcius. Bila mobil sering terkena paparan langsung panas matahari setinggi itu, warna cat jadi terlihat kusam.
|
EditorLatief

KOMPAS.com – Apa tipe mobil impian Anda? Jenis sedan, hatchback, SUV, atau mobil sport? Lalu, bagaimana perasaan Anda, jika setelah bersusah payah mendapatkan mobil impian, tiba-tiba hanya dalam waktu kurang dari satu tahun warna cat mulai kusam karena cuaca ekstrim? Atau, kerutan di badan mobil mulai terlihat karena sering baret saat berkendara?

Perawatan kendaraan secara berkala memang wajib dijadikan agenda rutin. Contohnya, mengganti oli, tune up, cek elektrikal, rem, dan suspensi mobil.

Namun, tampilan luar mobil juga penting diperhatikan agar tetap mulus dan cantik. Jadi, saat mulai melirik tipe mobil baru, harga jual mobil Anda tetap bersaing. Nah, perawatan sederhana berikut ini akan membuat tampilan mobil tetap awet muda: 

Berlindung dari sinar matahari

Saat ini, suhu Jakarta di siang hari bisa mencapai 35 derajat celcius. Bila mobil sering terkena paparan langsung panas matahari setinggi itu, warna cat jadi terlihat kusam. Lalu, pada bagian mobil berlapis karet, termasuk karet wiper, akan mudah robek dan tidak elastis lagi.

Karena itu, biasakan memarkir mobil di tempat teduh. Penggunaan penutup mobil belum tentu secara maksimal dapat menghindari efek sinar matahari.

Namun, jika terpaksa parkir di ruang terbuka, pastikan untuk menegakkan batang wiper agar tidak bersentuhan langsung dengan kaca. Ini berguna agar karet wiper tidak mengeras atau menjadi tidak rata karena menempel pada kaca yang panas.

Jangan lupa, lapisi kaca mobil dengan kaca film anti sinar ultraviolet. Walau sedikit lebih mahal, kaca film jenis ini mampu mengurangi efek negatif sinar matahari ke dalam bagian kabin mobil.

Adapun untuk perawatan badan mobil, ada baiknya Anda secara rutin memoles bodi di salon mobil. Cara ini bisa membuat cat mobil lebih awet karena memiliki lapisan pelindung. Jangan khawatir, saat ini banyak paket perawatan mobil hemat sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda.

Agar tak lupa jadwal rutin perawatan mobil, ada baiknya mencoba aplikasi pengingat otomatis di ponsel Anda. Contohnya, aplikasi gratis Garda Mobile Otocare yang dapat diunduh siapapun dari Play Store atau App Store.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.