Asuransi Mobil

Waspada… Banyak Asuransi Abal-abal!

Kompas.com - 08/06/2015, 18:19 WIB
Asuransi ShutterstockAsuransi
|
EditorLatief
KOMPAS.com – Pada 2013 lalu Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia mencatat, jumlah mobil pribadi di Indonesia mencapai 10,54 juta unit. Angka ini 11 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Artinya, masyarakat Indonesia makin mampu membeli mobil pribadi.

Namun, rasanya lucu, jika kemampuan membeli mobil tanpa memikirkan untuk mengasuransikannya. Bagi Anda yang baru berencana memulai asuransi, beberapa hal di bawah ini wajib diperhatikan agar tidak tertipu asuransi abal-abal!

Rajin membaca, tak malu bertanya

Sebelum memutuskan, pastikan Anda membaca secara detail isi polis. Apa sajakah jenis pertanggunan kerusakan mobil yang diberikan.

Pada jenis asuransi ‘comprehensive’, kerusakan sebagian dan keseluruhan biasanya masuk dalam tanggungan. Berbeda dengan jenis ‘total lost only’ atau TLO yang hanya menanggung kerusakan menyeluruh atau melebihi 75 persen keadaan sebelum kerugian, termasuk pencurian.

Namun, ada kalanya pertanggungan comprehensive tidak memasukkan kondisi bencana seperti banjir, gempa bumi dan sejenisnya. Tidak pula memasukkan pertanggungan kondisi huru-hara, terorisme, atau pertanggungan pihak ketiga jika terjadi kecelakaan tak terduga yang menimbulkan korban.

Untuk mendapatkan keuntungan pertanggungan lengkap, nasabah biasanya harus melakukan ‘perluasan’. Tentunya pilih perluasan sesuai kebutuhan. Untuk info lebih detail, ada baiknya Anda menanyakan langsung lewat call center atau agen asuransi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Garda Oto Otocare, aplikasi asuransi kendaraan bermotor milik Astra diluncurkan.
Jeli membaca hal-hal penggugur klaim

Asuransi memang dapat menenangkan hati. Tak perlu pusing memikirkan biaya perbaikan mobil membengkak jika terjadi hal-hal di luar perkiraan. Tapi, tunggu dulu! Banyak orang melewatkan ini.

Ingatlah untuk selalu berkendara dengan tertib. Pastikan juga SIM dan surat-surat kendaraan lengkap saat berkendara. Jika tidak, klaim asuransi bisa saja gugur.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.