Kompas.com - 12/02/2015, 18:40 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Tingginya curah hujan acap membuat pemilik kendaraan, khususnya sepeda motor, malas membilas sisa air hujan dan kotoran yang menempel. Padahal, inilah salah satu penyebab banyaknya masalah mekanikal di kemudian hari.

Dijelaskan Fahmi Fahrizal, mekanik Astra Motor Dewi Sartika, efek yang ditimbulkan tidak akan terasa dalam jangka pendek. Bisa jadi beberapa bulan ke depan dampak baru terasa, terdapat komponen bergerak yang mulai aus dan rusak.

”Sebaiknya, setelah kena hujan, sebisa mungkin dibilas, terutama di bagian-bagian penting. Yang penting kotoran-kotoran rontok dulu,” tegas Fahmi di sela perawatan sepeda motor gratis untuk karyawan Kompas.com, (12/2/2014), di Jakarta.

Lalu, komponen apa saja yang patut diwaspadai? Berikut penjelasannya:

1. Rem. Untuk rem tromol, kotoran akan bercampur dengan endapan kampas rem, membuat rem berdecit dan cepat membuat aus. Untuk rem cakram, berpotensi menggores piringan lebih cepat.

2. Lengan ayun. Poros komponen ini juga rawan diselipi kotoran, membuat pergerakan semakin keras.

3. Radiator. Kotoran yang menempel pada kisi-kisi dipastikan mengurangi pernafasan, membuat pendinginan tak maksimal. Kemungkinan terburuk, terjadi overheat.

4. Suspensi. Sama prinsipnya seperti lengan ayun, membuat poros cepat kehilangan pelumas dan rawan bunyi-bunyian.

5. Rantai. Kotoran sangat mudah menempel, apalagi rantai biasanya berlapis gemuk. Bersihkan dengan cairan pembersih rantai untuk merawatnya.

6. CVT. Khusus untuk yang suka memodifikasi boks CVT menjadi terbuka, dipastikan komponen di dalamnya cepat kotor karena kemasukan pasir dan debu. Bunyi dan kerusakan dini tak bisa dihindari.

7. Semua komponen logam. Jika kotoran menempel lama, lalu terkena sinar matahari dan udara, berpotensi menimbulkan bercak atau karat yang sulit dihilangkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.