Tips Ringan tentang “Wiper” dari Rifat Sungkar

Kompas.com - 06/02/2015, 13:40 WIB
Semprotan air dari lubang wiper berguna untuk menyeka kotoran akibat bias air KompasOtomotifSemprotan air dari lubang wiper berguna untuk menyeka kotoran akibat bias air
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Musim hujan diprediksi masih belum berakhir, memeriksa kesiapan kendaraan dan kondisi kita sebelum mengemudi sudah pasti wajib dilakukan. Pebalap nasional Rifat Sungkar punya tips ringan untuk musim hujan yang mungkin jarang diperhatikan para pengendara.

Di musim hujan, kaca depan mobil rentan terkena cipratan air kotor. Saat seperti inilah peran penyapu kaca alias wiper baru terasa penting untuk menyeka kotoran yang menghalangi pemandangan.

Rifat mengatakan cipratan air di kaca terkadang sukar dibersihkan karena mengandung kotoran padat, seperti lumpur dan tanah. Menyeka dengan wiper malah bisa jadi membuat kotoran semakin menyebar. Saat inilah air pembersih dari penyemprot wiper dibutuhkan.

Rifat mengatakan, tipsnya adalah mengatur jalur air yang keluar mengarah langsung ke kaca yang berhadapan dengan garis mata pengemudi. Tujuannya agar kotoran yang menghalangi pandangan pengemudi harus dibersihkan lebih dulu.

KompasOtomotif Gunakan peniti untuk melancarkan sirkulasi lubang penyemprot air wiper

“Kebanyakan OEM itu penyemprot kacanya dibuat melebar jadi semua kaca bisa kena, tapi sebenarnya yang paling penting itu di hadapan mata pengemudi,” kata Rifat yang sebentar lagi akan meresmikan sekolah mengemudi Rifat Drive Labs.

Caranya mudah, kata Rifat, arah penyemprot air bisa diubah hanya dengan menggunakan jarum atau peniti. “Lihat posisi duduk yang paling enak, lalu arahkan air pas jatuh di garis lurus mata,” kata Rifat. Selamat mencoba.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X