Kompas.com - 15/01/2015, 11:30 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Permukaan jalan yang licin saat hujan menuntut pengemudi mobil lebih berhati-hati ketika berkendara. Pengendalian yang solid butuh kerja maksimal pengereman, sebab itu sistem rem wajib diawasi lebih ketat.

Menurut Service Head Auto 2000 Saharjo Jacob Malik, ketika mobil mulai sering melintasi genangan air, rem paling umum bermasalah. Gejalanya macam-macam, mulai dari kurang “gigit”, berat ketika pedal diinjak, atau setir goyang ke kanan kiri saat pengereman.

Hal paling sering terjadi, air yang mengandung kotoran mengotori permukaan kampas rem. Masalahnya lebih terasa setelah mengering, debu dan partikel kecil lainnya tetap menempel hingga menghalangi proses menjepit cakram. Kodisi itu akan semakin parah kalau kondisi kampas sudah menipis.

Kendala sama juga terjadi pada model tromol. Indikasinya dari bunyi decitan atau setir bergoyang saat direm karena salah satu rem tidak berfungsi baik. Jadi, kata Jacob, intinya langkah antisipasi pertama mobil harus rajin dicuci hingga bagian kaki-kaki setelah hujan. Selain itu komponen lain yang juga harus diperiksa, kaliper rem, selang rem, dan kondisi cairan rem.

Ia juga menyarankan jika punya tanda-tanda rem kurang enak digunakan mobil langsung diperiksa ke bengkel tanpa kompromi. Kalau dinilai tidak lagi bisa digunakan maka harus diganti, harganya sekitar Rp 400.000 – Rp 1 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.