Kompas.com - 02/12/2014, 17:00 WIB
|
EditorAzwar Ferdian
Jakarta, KompasOtomotif - PT Super Spring sebagai produsen lokal alat navigasi kendaraan merilis Global Positioning System (GPS) Tracker (pelacak) khusus untuk sepeda motor, Selasa (2/12/2014), di Plaza Indonesia, Jakarta. Produk yang diberi kode VT-90M itu terinspirasi dari tipe serupa yang sudah dipasarkan sebelumnya untuk pengguna mobil.

Produk ini diklaim pertama kali hadir di Indonesia, bahkan mungkin secara global. Fungsinya sama dengan GPS pelacak untuk mobil. "Hanya, untuk roda dua komponennya dibuat anti-air dan debu. Kena air, atau terendam dan terbawa arus banjir sekali pun, tetap masih bisa ditemukan," jelas Roby Oktober, Kepala Pemasaran dan Penjualan Super Spring.

Terdapat beberapa fitur yang disesuaikan untuk kebutuhan kendaraan roda dua, Misalnya fitur merekam perbincangan, karena sudah jelas, sepeda motor tak punya kabin. Dipaksakan pun bisa, tapi desiran angin akan mengganggu proses penangkapan suara.

"Produk ini lahir atas dasar data AISI, bahwa 6,7 juta sepeda motor sudah terjual sejak Januari hingga Oktober 2014. Bisa dibayangkan, sepeda motor adalah pasar yang sangat seksi. Begitu juga dengan semakin banyaknya isu pencurian sepeda motor membuat kami semakin yakin dengan produk ini," imbuh Roby.

Fungsi utama tentu untuk mengetahui posisi sepeda motor, bahkan saat dicuri. Diceritakan Roby, alat ini sudah beberapa kali melacak berbagai kasus, mulai pencurian hingga pembunuhan. Semua data mengenai perjalanan, jarak tempuh, kecepatan, parkir, hingga mesin menyala, bisa dilihat, maksimal hingga 90 hari sebelumnya.

Super Spring VT-09M dibanderol Rp 1.499.000, sudah termasuk pulsa Kartu Halo selama 6 bulan senilai Rp 250.000. Seperti produk Super Spring lain, sudah digaransi selama satu tahun, dengan pelayanan server yang tidak dikenakan biaya. GPS Pelacak ini bisa didapatkan secara online di rajagps.com atau di 36 jaringan Super Spring di Indonesia, pemasangan gratis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.