Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Suzuki untuk Grand Vitara Masih "Abu-abu"

Kompas.com - 18/10/2014, 17:16 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sydney, KompasOtomotif - Posisi Grand Vitara sebagai SUV terbesar Suzuki akan segera berakhir saat seluruh produksi global dihentikan akhir 2014. Kini, predikat SUV itu akan diisi oleh generasi terbaru yang sudah diperkenalkan di Paris Motor Show, All-New Vitara.

Generasi Grand Vitara yang hingga kini masih beredar -termasuk di Indonesia- terus bertahan sejak 2005. Hingga kini masih belum jelas, apakah Grand Vitara akan punya penerus atau catatan sejarahnya memang betul-betul berakhir.

“Kami masih dalam tahap pertimbangan,” kata Wakil Presiden Eksekutif Suzuki Toshihiro Suzuki singkat kepada CarAdvice, Sabtu (18/10/2014).

Ketidakjelasan itu ternyata menimbulkan berbagai spekulasi. Salah satu yang diungkapkan, Suzuki tak ingin mengembangkan penerus Grand Vitara dari platform yang kini digunakan All-New Vitara. Spekulasi yang disebutkan, basis itu dinilai tak bisa dipakai untuk menghasilkan SUV lebih besar terutama agar muat 7-penumpang.

Dimensi Vitara terbaru, panjang 4,17 m lebar 1,75 m, dan tinggi 1.61m, ukuran ini lebih kecil dari Grand Vitara yakni panjang panjang 4,5 m lebar 1,81 m, dan tinggi 1.68m. Ukuran wheelbase juga demikian, Vitara terbaru 2,5m sedangkan Grand Vitara 2,64m.

Bila tetap dipaksakan, model baru tergolong terlalu kecil untuk menggantikan Grand Vitara. Ketika dikonfirmasi tentang hal ini Suzuki juga tak mengeluarkan pernyataan solid. “Saya pikir tidak begitu. Hanya lebih kecil dari model sebelumnya,” jawab perwakilan Suzuki. Hingga kini rencana dan strategi untuk Grand Vitara masih abu-abu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com