Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alfa Romeo Siapkan Tiga Model ”Mainstream"

Kompas.com - 03/09/2014, 17:20 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Turin, KompasOtomotif – Alfa Romeo yang kini bernaung di bawah Fiat Chrysler Automobiles (FCA) sedang ngebut mewujudkan ambisi menjadi merek yang kompetitif. Setelah mengumumkan target penjualan yang naik lima kali lipat, kini Alfa Romeo sedang memulai pengembangan tiga model kunci.

Tiga mobil yang akan masuk kategori mainstream itu adalah sedan menengah rival BMW Seri 5, medium SUV yang akan bersaing dengan Audi Q5, dan satu model flagship di segmen sedan berukuran besar.

Trio baru itu akan menjadi gelombang pertama dari delapan model baru yang sudah diumumkan. Ketiganya masuk dalam proyek dengan investasi 5 miliar Euro untuk mendongkrak penjualan global menjadi 400.000 unit sampai akhir 2018. Tahun lalu produsen asal Italia ini mencapai penjualan 74.000 unit.

FCA enggan membeberkan model lain secara spesifik. Tapi yang jelas, seperti kata CEO Alfa Romeo Harald Wester, pihaknya bakal mengubah mobil berpenggerak roda depan ke penggerak roda belakang atau penggerak semua roda.

Berikut tiga model yang akan muncul di garda depan, dikutip dari Automotive News, (3/9/2014):
1. Sedan medium. Kodenya Project 952, akan menjadi produk ”revolusi” pertama Alfa Romeo. Model ini akan langsung menyasar Audi A6, BMW Seri 5, Mercy E-Class, bahkan Maserati Ghibli. Jadwal debut di Eropa medio 2016, dan Amerika akhir 2016.

Pernah ada spekulasi akan muncul dengan nama Giulia, namun tampaknya bakal mendapat nama lain. Mesin menggunakan generasi baru dengan turbo kembar. Rencananya, ada tipe 2.2L 4-silinder segaris, 3.3L V6, dan dua mesin diesel V6.

2. SUV medium. Penantang Q5 ini disiapkan debut pada paruh kedua 2016. Petunjuk sementara, mobil akan berbagi platform dan mesin dengan sedan medium.

3. Large sedan. Akan menjadi model flagship baru, beradu dengan Audi A8, BMW Seri 7, atau Mercy S-Class. Dikatakan bakal menjadi yang terkencang di kelasnya, tapi tidak menggunakan mesin V8. Belum disebutkan waktu peluncurannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com