Kompas.com - 14/07/2014, 14:25 WIB
Suasana di salah satu sudut kota Taipei, Taiwan. Skuter begitu mendominasi jalan. autoevolutionSuasana di salah satu sudut kota Taipei, Taiwan. Skuter begitu mendominasi jalan.
|
EditorAris F. Harvenda

Taipei, KompasOtomotif – Jika Anda merasa jenuh dengan lalu lintas kota-kota besar di Indonesia yang amburadul dengan pengendara, khususnya biker ceroboh serta tak taat peraturan, cobalah sedikit membuka wawasan tentang negeri tetangga. Kita punya ”teman” yang kepadatan di jalan serupa, bahkan lebih ”keras”, yakni Taiwan.

Di Taiwan puluhan juta skuter tumplek blek. Tidak ada data yang pasti, namun di beberapa blog tercatat jumlah skuter yang beredar mencapai 15 juta unit! Wardsauto pun merilis baru-baru ini, data yang mereka punya lebih sedikit, 11 juta skuter beredar di jalanan yang sangat padat di jam-jam sibuk (lihat video).

Digambarkan, sangat jarang tipe sepeda motor lain, hampir semua biker naik skuter. Selain itu, suasana tak cuma tampak padat, banyak pelanggaran lalu-lintas (digambarkan dalam ratusan video di Youtube) yang kemudian berujung pada kecelakaan lalu lintas.

Taipei adalah kota cukup besar dengan kendaraan umum cukup baik berupa subway dan bus yang terintegrasi. Namun, orang lebih banyak memilih naik skuter untuk mengejar waktu, mengambil jalan pintas atau bisa dengan mudah mampir ke beberapa tempat.

Potensi
Pemicunya, Pemerintah Taiwan mendorong penjualan skuter, terutama dengan spesifikasi ramah lingkungan untuk mendapat subsidi. Harga skuter rata-rata di sana antara 1.500-2.500 dollar AS atau setara Rp 17-30 juta. Kalau tidak ada duit, bisa beli bekas yang sangat murah, antara 300-1.100 dollar AS atau setara Rp 3,5-11 juta.

Itulah mengapa, Taiwan dengan penduduk sekitar 23 juta jiwa disebut sebagai gudangnya skuter. Bahkan berbagai merek yang diproduksi lokal mengekspor produknya ke sejumlah negara. Nilanya mencapai 480 juta dollar AS atau setara Rp 5,5 triliun!

Kondisi
Alhasil, sejauh mata memandang, akan tampak skuter yang berjubel, terutama di jam-jam sibuk. Dalam salah satu video di Youtube, bisa disimak bahwa arus skuter tak pernah berhenti di salah satu jembatan kota Taipei. Semua pakai skuter, bahkan sampai memenuhi jembatan bak arus mudik yang baru turun dari kapal dan tak pernah putus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mungkin video berikut bisa membuka mata kita tentang jutaan skuter yang memenuhi jalan di Taipei:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.