Ini Detail Harley-Davidson ”Tanpa Suara”

Kompas.com - 01/07/2014, 10:41 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

New York, KompasOtomotif – Harley-Davidson yang selama ini sangat membanggakan konfigurasi mesin V-Twin dengan cc besar harus mengikuti perkembangan zaman. Diperkenalkan LiveWire, salah satu model yang diciptakan khusus untuk update tren kendaraan berenergi alternatif tanpa meninggalkan ciri khas Milwaukee.

Tak lama berselang dikenalkan resmi kepada publik, produsen kuda besi Amerika Serikat itu langsung melakukan demonstrasi, dengan mengajak berbagai kalangan untuk merasakan masa depan Harley-Davidson itu.

motorcycle Harley-Davidson Livewire sedang dites di New York, Amerika Serikat.

Seperti dikutip motorcycle dalam artikel tesnya, sepeda motor ini mengesankan bahkan sebelum dinaiki. Tampang sedikit meminjam dari model Harley-Davidson lawas yang biasa dipakai di jalanan off-road. Tentu, penampang mesin yang biasa dihiasi dua blok mesin yang membentuk huruf ”V” kini diganti dengan ”blok” baru yang berisi baterai dan peranti elektrik.

Perlengkapan cukup canggih, termasuk kunci khusus untuk menyalakan motor listrik. Semua indikator ada pada layar TFT penuh warna yang bisa menampilkan banyak informasi, termasuk di antaranya sisa baterai, suhu udara mesin, dan tentu penunjuk kecepatan.

motorcycle Rombongan Harley-Davidson LiveWire melewati batas senja.

Sisi ergonomis dikatakan sangat baik. Dari foto-foto yang disajikan, tampak posisi duduk sangat nyaman untuk pengendaraan jarak jauh. Setang mudah diraih, dipadu dengan posisi kaki yang tak terlalu ke belakang. Kaca spion menjulur di bawah setang.

Meski impresi awal cukup baik, namun tetap saja Harley-Davidson tak mau gegabah. Itulah mengapa diadakan berbagai kegiatan tes, bahkan proyek besar selama dua tahun bernama Project LiveWire Experience. Tak cuma di Amerika Serikat, nantinya juga bakal melancong ke Kanada dan Eropa pada 2015. Dari sini, akan didapatkan evaluasi seperti apa sepeda motor elektrik yang diinginkan masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.