Mégane RenaultSport 275 Trophy-R Pecahkan Rekor Nurburgring [Video]

Kompas.com - 17/06/2014, 19:28 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Nurburgring, KompasOtomotif- Renault Megane Renaultsport 275 Trophy-R baru saja memecahkan rekor mobil produksi tercepat berpenggerak roda depan, yang mengelilingi sirkuit legendaris, Nurburgring, Minggu (15/6/2014). Catatan terbaiknya 7 menit 54,3 detik, lebih cepat empat detik dari pemangku titel sebelumnya, Seat Leon Cupra 280 (7 menit 58,4 detik) yang terekam pada Maret lalu.

Dikendarai Laurent Hurgon, test driver dari Renault Sport Technologies, Mégane Renaultsport 275 Trophy-R menggunakan mesin bensin 2.0 liter, turbocharger, bertenaga 271 PS dan torsi 360 Nm. Secara teknis sama dengan versi Mégane Renaultsport 275 Trophy yang memiliki bobot 1.381 kg, tapi tambahan lambang “R” menandakan lebih ringan 100 kg.

Bodi lebih enteng didapatkan karena melucuti sebagian besar peredam suara. Jok belakang disingkirkan kemudian diganti rangka pelindung. Sistem pendingin udara dan radio juga “dibuang”, sementara material “berat” lain diganti yang lebih ringan.

Sistem mekanis limited slip differensial jadi kunci untuk pengendalian. Didukung lagi oleh suspensi Ohlins dan Allevard di bagian depan. Ban menggunakan Michelin Pilot Sport Cup 2 yang khusus dibuat untuk mobil berpenggerak roda depan. 

Setelah berhasil menorehkan rekor, Megane Renaultsport 275 Trophy-R akan muncul di hadapan publik Goodwood Festival of Speed untuk pertama kalinya pada 27 Juni nanti.

Video.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.