Honda: CB150R Streetfire "Berjubah", Kenapa Tidak?

Kompas.com - 11/06/2014, 09:57 WIB
Honda CB150R Streetfire kemungkinannya kecil diberi fairing. Donny AprilianandaHonda CB150R Streetfire kemungkinannya kecil diberi fairing.
|
EditorAris F. Harvenda

Bandung, KompasOtomotif — PT Astra Honda Motor (AHM) sudah memastikan bakal merakit secara completely knock down (CKD) CBR150R agar harganya bisa bersaing tahun ini juga. Namun, ada rumor lain terkait dengan segmen 150cc. Gosipnya, CB150R Streetfire juga bakal muncul dengan versi full fairing, layaknya Yamaha V-ixion yang diberi jubah sehingga jadi R15.

Gosip ini secara tersirat dibantah Agustinus Indraputra, GM Marketing Planning and Analysis AHM. Dikatakan bahwa CB150R akan mengisi pasarnya sendiri di kelas naked karena punya pasar masing-masing. ”Masa sih Streetfire butuh dibajuin? Bukannya orang suka seperti ini?” celetuknya seusai jumpa pers Astra Honda-Safety Riding Instructor Competition, di Bandung, (10/6/2014).

Dijelaskan, jika memang ada keinginan konsumen memberi jubah CB150R Streetfire, masih ada pasar after market. Penggemar generasi CB bisa memodifikasi sendiri jika mau. Tetapi, pada dasarnya Indra menyiratkan bahwa AHM tidak menutup kemungkinan tersebut. ”Saya tidak bilang kemungkinannya kecil sekali, tapi saya bilang kalau pasarnya cukup, kenapa tidak?” imbuhnya.

Indra juga mengakui bahwa gagasan ini juga sempat dipikirkan oleh AHM. Semua masukan dianggap sebagai pertimbangan untuk pengembangan model selanjutnya.

Sport murah
Namun, urgensi di kelas ini bagi Honda adalah menghadirkan model sport murah berjubah. Jika mengembangkan lagi CB150R Streetfire ber-fairing, tentu akan membutuhkan biaya besar lewat Research & Development (R&D). Tetapi, Jika langsung melokalkan CBR150R, tidak butuh biaya sebanyak pengembangan model baru.

Seperti diketahui, segmen sport terbesar di Indonesia sekitar 80-90 persen bermain di kelas 150 cc. Dengan kuartet, CB150R Streetfire, Verza150, New Mega Pro, dan CBR150R (CKD), Honda optimistis bisa segera menggeser dominasi Yamaha yang mengandalkan V-Ixion, Byson, dan R15.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.