Kompas.com - 24/04/2014, 14:20 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Banyak yang menganggap Yamaha R15 adalah V-ixion yang diberi jubah alias fairing. Namun, dalam peluncuran resmi yang dilakukan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) semalam (23/4/2014), di Empirica, SCBD, Jakarta Selatan, cukup banyak perbedaan dari keduanya, terutama di sisi teknikal.

M Abidin, GM Technical Department Service Division YIMM, menjelaskan bahwa mesin keduanya memang identik. Bahkan tenaga dan torsi sama, 16,5 PS @8.500 rpm dan 14,5 Nm @7.500 rpm. Namun, ada poin perbedaan yang membuat R15 punya karakter lebih sporty. ”R15 ini adalah versi terakhir dengan coefisien drag lebih baik 4 persen ketimbang model lama. Setelan ECU, karakter, dan handling berbeda dengan V-ixion,” ujarnya.

Berikut perbedaan antara R15 dan New V-ixion Lightning (NVL):

1. Transmisi. Jika NVL punya lima gigi, R15 bertransmisi 6 percepatan. Otomatis, nafas dibuat lebih pendek untuk mengejar torsi dan tarikan awal. Menariknya, transmisi R15 bisa dipakai untuk NVL, tinggal plug and play.

2. ECU. Otomatis untuk menyesuaikan dengan transmisi baru 6 percepatan, setelan jauh berbeda. ECU R15 ditegaskan Abidin tidak cocok untuk NVL.

3. Karakter. Meski tenaga dan torsinya sama, namun karakternya berbeda. Tenaga yang didistribusikan ke roda belakang memang sama, namun di crank lebih besar R15. Bermanfaat untuk akselerasi dari kondisi diam atau kecepatan tanggung.

4. Bobot. R15 136 kg, sementara NVL 129 kg. Dengan bobot lebih berat, namun Abidin menegaskan tenaga akan sama, terutama karena andil lengan ayun aluminium dan poin no. 3.

5. Jarak sumbu roda. R15 lebih panjang 4,5 cm.

6. Handling. R15 lebih mantap karena punya rasio berat hampir seimbang, 49,3 persen depan dan 50 persen belakang. Bandingkan dengan NVL dengan distribusi berat depan 47,3 persen dan belakang 52,7 persen. Didukung ban tapak lebar, manuver lebih stabil.

7. Sistem kelistrikan R15 full DC. Ciri-cirinya, kunci kontak diputar ke ”on”, lampu utama menyala.

Sebagai informasi tambahan, Abidin mengklaim dalam pengetesan internal R15 bisa digeber hingga kecepatan puncak 138 kpj. Jika kurang puas dengan tenaga dan kecepatan, YIMM menyiapkan ECU Daytona dan pemasangan knalpot Sakura untuk menambah tenaga. Setelah ECU bisa dilakukan dari gadget berbasis Android! 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.