Kompas.com - 22/04/2014, 17:11 WIB
Ford memperkenalkan fitur “burnout” di Mustang GT edisi 2015 yang dinamakan Electronic line-lock. Road and TrackFord memperkenalkan fitur “burnout” di Mustang GT edisi 2015 yang dinamakan Electronic line-lock.
|
EditorAris F. Harvenda

Detroit, KompasOtomotif - Selain lekat dengan kesan muscle car, Mustang GT punya impresi di ajang adu kebut lintasan lurus, drag race. Mendukung hal tersebut, Ford memperkenalkan fitur “burnout” di Mustang GT edisi 2015 yang dinamakan Electronic line-lock.

Dijelaskan, fungsi utamanya mempermudah pemanasan ban sebelum balapan dimulai. Saat digunakan, sistem akan tetap mempertahankan kerja rem depan (tanpa perlu menginjak pedal rem) sementara rem belakang dilepaskan.

Jadi, saat kelengkapan tersebut diaktifkan dan gas mulai dibejek semakin dalam, kedua ban belakang mampu berputar di tempat. Visual semakin terasa dramatis setelah asap mulai mengepul.

Kerja fitur memanfaatkan unit kontrol hidrolis pada sistem stability control untuk mengunci rem depan. Dijelaskan, memasang fitur ini perlu sedikit modifikasi, sistem kendali mekanis pada bagian rem harus dilepaskan, diganti elektronis.

Garansi
Ford sepertinya tidak menghalangi konsumen Mustang GT untuk bertanding di kompetisi resmi. Dikatakan, fitur ini hanya layak digunakan di kompetisi balap, namun di sisi lain, Ford juga mengingatkan, balapan bisa menghapus garansi kendaraan.

Meski optional, keputusan menyediakan fitur ini sebagai piranti resmi masih sedikit kontroversi. Satu-satunya alasan yang diungkapkan, karena Ford bisa melakukan itu. 

“Mustang menawarkan mode mengemudi yang bisa digunakan untuk kompetisi jalanan atau balapan resmi. Jadi ketika kami menyadari kami bisa menyediakan fitur keren ini, keputusannya sangat mudah, let's do it,” ucap Mustang Chief Engineer, Dave Pericak, seperti diberitakan Motortrend, Senin (21/4/2014). 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aksi "burnout" Ford Mustang GT 2015 dengan Electronic line-lock.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X