Sepeda Motor Listrik Unik dari Austria

Kompas.com - 17/04/2014, 08:15 WIB
Johammer J1, sepeda motor listrik dengan desain unik. Johammer/motorcycleJohammer J1, sepeda motor listrik dengan desain unik.
|
EditorAris F. Harvenda
Vienna, KompasOtomotif - Produsen sepeda motor asal Austria memperkenalkan produk terbarunya, Johammer J1. Kendaraan roda dua ini menggunakan motor listrik menggantikan peran mesin konvensional sebagai jantung pacu. Tapi, bukan itu sorotan utamanya, melainkan desainnya yang unik seperti kulit kacang tanah tidak utuh, kemudian diberi sepasang roda di kedua sisinya.

Bentuknya menjadikan sepeda motor ini punya desain bergaya art deco. Sebenarnya, konsep sepeda motor ini sudah diperkenalkan beberapa tahun lalu dengan nama "The Biista". Diproduksi oleh Hammerschmid Maschinenbau asal Austria dan rumah desain Yellow Works.

Karakteristik
Penciptanya tetap mau mengategorikan J1 sebagai sepeda motor, dengan kelengkapan sepasang roda, stang, dan rangka. Tapi, desainnya berbeda jauh dari sepeda motor konvensional yang ada di pasar. "Johammer bukan cuma terlihat berbeda, tapi memang beda," tulis Johammer dalam situs resminya.

Johammer/motorcycle Sasisnya unik menggunakan dua lengan ayun.
Hanya motor listrik terintegrasi dengan gardan roda belakang yang masih terbilang konvensional untuk ukuran rancang bangun sepeda motor. Menggunakan dua lengan ayun, depan dan belakang.  Untuk belok, roda depan dikendalikan melalui sistem kemudi tengah, sehingga radius putarnya terbatas. Suspensinya terlindung di balik kotak aluminium, memanfaatkan rongga di bawah baterai lithium ion di bagian tengah sasis. Sepeda motor ini juga relatif "ceper" dengan titik gravitasi cuma 13,8 inchi dari tanah.

Motor Listrik
Johammer berencana memproduksi dua varian dibedakan dari jarak tempuh yang bisa dilalui dalam sekali pengisian baterai. Varian pertama, J1.200 dibekali baterai bertenaga 12,7 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 200 km. Kedua, J1.150 dibekali bateari 8,3 kWh dengan jarak tempuh 150 km.

Johammer/motorcycle Spion sudah dengan sentuhan digital, motor listrik, dan tampilan belakang sepeda motor.
Butuh 3,5 jam untuk pengisian baterai dari kosong sampai 80 persen untuk J1.200, sementara J1.150 butuh 2,5 jam. Johammer juga mengklaim, kedua baterai itu memiliki masa pakai hingga 100.000 km, selanjutnya bisa berfungsi dengan kualitas 80 persen dari kondisi baru.

Johann Hammerschmid, Chief Executive Officer Johammer, kepada Salzburg.com, mengatakan, siap memproduksi 50 unit sampai akhir tahun ini. Produksi akan dinaikan menjadi 300-500 unit per tahun. Bagi Anda yang tertarik punya sepeda motor unik ini, siapkan maharnya, mulai 23.000 euro (Rp 364,3 juta) untuk J1.150 dan 25.000 euro (Rp 396,06 juta) untuk J1.200.

Johammer/motorcycle Bentuknya seperti kumbang dengan roda dua.



Sumber Motorcycle
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X