Pelatihan Otomotif Gratis di Pulogadung dari Hyundai

Kompas.com - 23/01/2014, 14:53 WIB
Salah satu fasilitas di Hyundai-KOICA Dream Center, Pulogadung, Jakarta Timur. Donny AprilianandaSalah satu fasilitas di Hyundai-KOICA Dream Center, Pulogadung, Jakarta Timur.
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Hyundai Motor Company (HMC) bekerjasama dengan Plan International Indonesia dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta, meresmikan gedung Hyundai-KOICA Dream Center, di Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (23/1/2014). Inilah tempat pelatihan otomotif untuk anak muda Jakarta, yang siap dimanfaatkan 250-an siswa untuk mendalami keterampilan otomotif.

Gedung khusus dibangun di atas lahan Pusat Pelatihan dan Kejuruan (Puslatdikjur) Dinas Pendidikan DKI Jakarta, menempati lahan 26.000 m2. Berbagai fasilitas disiapkan, termasuk peranti perbengkelan hingga ruang kelas dan kerja praktik untuk para siswa. Jurusan yang akan diajarkan ada tiga pilihan, engineering, body painting-repair, dan wirausaha.

Donny Apriliananda Perwakilan Hyundai Motor Company meresmikan Hyundai-KOICA Dream Center di Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (23/1/2014).

Director/Head of Regional Headquarters Asia Pasific HMC, Hoo-Keun Kim mengatakan, bahwa fasilitas ini diharapkan memberi pengetahuan lebih untuk anak muda Indonesia tentang dunia otomotif. ”Kami menggandeng Plan Indonesia dan KOICA (Korea International Cooperation Agency) untuk menampung minat siswa yang menekuni dunia otomotif. Tidak ada unsur bisnis di sini,” katanya kepada wartawan.

Sementara itu, Country Director Plan Indonesia, Myrna Evora Renata mengatakan, ini adalah salah satu usaha lembaga yang dimpimpinnya untuk memperluas akses kaum muda mendapatkan pekerjaan atau mengembangkan kewirausahaan.

Pengangguran
”Harapannya bisa menjadi salah satu solusi mengurangi pengangguran di Jakarta. Sampai dua tahun ke depan, kami akan melatih sejumlah anak muda berusia 15-24 tahun, yang diarahkan untuk segera bekerja atau mampu mengembangkan usaha sendiri di bidang otomotif,” jelas Myrna.

Ade Rahmat, salah satu siswa lulusan SMA 114 Cilincing, Jakarta Utara, mengaku tertarik mengikuti program ini karena minatnya di bidang otomotif cukup tinggi. ”Saya memilih jurusan engineering karena lebih suka teknik. Katanya dua tahun sudah bisa lulus dan saya ingin menjadi mekanik handal. Semua gratis, termasuk mendapat seragam, biaya praktik, dan diperbolehkan menginap di mes siswa,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.