Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelatihan Otomotif Gratis di Pulogadung dari Hyundai

Kompas.com - 23/01/2014, 14:53 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Hyundai Motor Company (HMC) bekerjasama dengan Plan International Indonesia dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta, meresmikan gedung Hyundai-KOICA Dream Center, di Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (23/1/2014). Inilah tempat pelatihan otomotif untuk anak muda Jakarta, yang siap dimanfaatkan 250-an siswa untuk mendalami keterampilan otomotif.

Gedung khusus dibangun di atas lahan Pusat Pelatihan dan Kejuruan (Puslatdikjur) Dinas Pendidikan DKI Jakarta, menempati lahan 26.000 m2. Berbagai fasilitas disiapkan, termasuk peranti perbengkelan hingga ruang kelas dan kerja praktik untuk para siswa. Jurusan yang akan diajarkan ada tiga pilihan, engineering, body painting-repair, dan wirausaha.

Donny Apriliananda Perwakilan Hyundai Motor Company meresmikan Hyundai-KOICA Dream Center di Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (23/1/2014).

Director/Head of Regional Headquarters Asia Pasific HMC, Hoo-Keun Kim mengatakan, bahwa fasilitas ini diharapkan memberi pengetahuan lebih untuk anak muda Indonesia tentang dunia otomotif. ”Kami menggandeng Plan Indonesia dan KOICA (Korea International Cooperation Agency) untuk menampung minat siswa yang menekuni dunia otomotif. Tidak ada unsur bisnis di sini,” katanya kepada wartawan.

Sementara itu, Country Director Plan Indonesia, Myrna Evora Renata mengatakan, ini adalah salah satu usaha lembaga yang dimpimpinnya untuk memperluas akses kaum muda mendapatkan pekerjaan atau mengembangkan kewirausahaan.

Pengangguran
”Harapannya bisa menjadi salah satu solusi mengurangi pengangguran di Jakarta. Sampai dua tahun ke depan, kami akan melatih sejumlah anak muda berusia 15-24 tahun, yang diarahkan untuk segera bekerja atau mampu mengembangkan usaha sendiri di bidang otomotif,” jelas Myrna.

Ade Rahmat, salah satu siswa lulusan SMA 114 Cilincing, Jakarta Utara, mengaku tertarik mengikuti program ini karena minatnya di bidang otomotif cukup tinggi. ”Saya memilih jurusan engineering karena lebih suka teknik. Katanya dua tahun sudah bisa lulus dan saya ingin menjadi mekanik handal. Semua gratis, termasuk mendapat seragam, biaya praktik, dan diperbolehkan menginap di mes siswa,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com