Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tematis Interior

Panduan Memodifikasi Kabin ”City Car”

Kompas.com - 05/01/2014, 14:30 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotifCity car termasuk salah satu jenis mobil yang mudah dimodifikasi. ”Garis hidup” sebagai kendaraan perkotaan yang mungil dan fungsional, mudah dipakai, berukuran pas, dan simpel, tentu membuat patokan atau pakem jika ingin dimodifikasi. Untuk tampil beda, tidak perlu mengubah terlalu banyak.

”Bila perlu, pusatkan perhatian pada interior saja, karena mobil perkotaan kan banyak dipakai di kota yang kondisi lalu lintasnya kadang bikin bete. Semakin nyaman kabin, semakin betah berada di dalam mobil. Eksterior juga dimodif, tapi jangan yang terlalu ruwet. Elegan saja,” saran Edo dari Zoom Automotive, Surabaya, kepada KompasOtomotif (4/12/2013).

Donny Apriliananda Untuk wanita, sesuaikan tema dengan warna khas.

Disarankan, untuk interior, rombak sesuai selera dan kebutuhan. Misalnya, bermain warna pelapis jok dan trim. Jika warna favorit dirasa membuat nyaman, sebaiknya hal ini didahulukan. Bekleed jok dengan nuansa sedikit lebih mewah dari model standar. Seragamkan dengan pintu atau bahkan lingkar kemudi dan tuas perseneling.

Poin penting lain adalah sarana hiburan dalam mobil. Cari paket audio dengan harga sesuai kebutuhan. ”Tidak perlu spek tinggi, yang penting kedap kabinnya. Paket-paket audio yang terjangkau dengan kualitas setara konser sudah banyak ditawarkan,” papar Edo.

Donny Apriliananda Simpel dengan cutting stiker.

Jika sound system dirasa sudah pas, tidak ada salahnya juga ditambah monitor. Pertegas nuansa elegan di dalam dengan permainan lampu (ambience lighting) yang menyejukkan suasana.

Tambahkan aksesori sederhana sebagai penunjang aktivitas, misal dudukan ponsel, travel charger, hingga tempat tissue dan boks sampah stylish.

Kabin nyaman, kini coba alihkan perhatian ke eksterior. Tidak usah banyak, cukup ganti pelek sesuai selera (dengan catatan tak terlalu besar, karena mengurangi kenyamanan). Lalu ditambahkan permainan body kit simpel. Selebihnya, pasang cutting stiker sederhana atau ubah warna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com