Kompas.com - 05/01/2014, 13:00 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif - Banyak pemilik mobil sering "lupa" memodifikasi ruang kabin, fokus kerap diberikan pada penampilan luar saja. Padahal interior juga bisa digunakan untuk menguatkan tema yang diusung pemilik. 

"Walaupun konsepnya harian, jangan sekadar tampang doang, 
sebaiknya menyeluruh," ujar Yosef Bee, pemilk rumah modifikasi H2O Bodyworks, kepada KompasOtomotif.

Ia menambahkan, kadar ubahan tidak perlu terlalu "berat", namun disesuaikan dengan selera dan modifikasi pada eksterior. "Perlu diingat juga batasannya, jangan terlalu banyak mengurangi fungsi, kenyamanan, dan dimensi ruangan," tegasnya.  

Add On
Cara paling mudah, menambahkan aksesori add on atau plug and play. Selain produk aftermarket-nya gampang ditemui, harga masih terjangkau. Aksesori paling diincar seperti, pedal set, emblem, shift knob, setir, door/sill plate,  GPS, dan lainnya. 

Buat para pemilik yang tidak ada masalah merogoh kocek "lebih dalam" bisa mengeksplorasi lebih jauh. Misalnya, ganti jok, ubah pelapis door trim dan panel, tambah peranti sistem audio dan entertainment, pasang pengukur kinerja mesin, ataupun, memasang panel instrument baru. 

"Menambah minibar, ganti jok jenis balap, mengurangi konfigurasi tempat duduk, monitor yang terlalu besar, atau cangkok roll cage, tidak disarankan. Tapi kalau pemilik tetap mau, perlu dipahami kelebihan dan kekurangannya," tandas Yosef. 

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.