Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Datsun Bikin Mobil Murah (1)

Kompas.com - 09/02/2013, 07:02 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Rencana Nissan menghidupkan kembali merek Datsun sebagai merek mobil murah - kisaran harga 3.000 – 5.000 dollar AS ( Rp 30 – 50 juta) - menarik banyak orang  di dunia. Bahkan, di Indonesia menjadi eksklusif. Pasalnya,  pengumuman untuk menghidupkan kembali Datsu dilakukan Carlos Ghosn, boss Nissan Motor Co. Ltd., pada 20 Maret 2012.   

Beatles
Penggemar Datsun dari era Beatles yang sudah menjadi kakek-kakek, pun menunggu. Sementara generasi muda sekarang yang akan dijadikan target utama untuk membeli Datsun, kurang menggenal atau tidak akrab dengan nama ini. 

Tiga puluh dua tahun lalu, tepatnya pada 1981, Datsun engaja “ditenggelamkan” demi Nissan. Waktu yang cukup panjang, kendati Datsun masih dijual sampai pertengahan 1980-an dan kemudian menjelma total menjadi Nissan. Jeda yang termasuk lama membuat nama Datsun sebagai merek dengan produk hebat, baik sebagai mobil penumpang, komersial sampai ke arena sport (balap dan reli), dilupakan banyak orang. Bahkan tentu saja banyak pula yang tidak mengenalnya lagi.
 
Nissan sudah mencanangkan, merek Datsun dengan produknya sudah bisa dijual kembali ke masyarakat  pada 2014.  Tidak hanya di Indonesia, dua negara lain juga dijadikan basis untuk membangkitkan kembali merek Datsun, yaitu India dan Rusia.
 
Vincent Cobee
Tidak gampang mengwujudkannya karena Datsun masa lalu sangat berbeda dengan generasi tahun depan. Menurut  Vincent Cobee, yang diberi tugas “me-rebooting” Datsun, dengan tanggung jawab sebagai Corporate Vice President Datsun Business Unit, perbedaannya adalah antara kakek dengan cucu.
 
Konsep mobil yang ditawarkan Datsun juga sangat berbeda. “Kami harus sesuaikan dengan kondisi sekarang namun tetap dengan filosofi sebelumnya,” tegas Cobee lulusan Master of Science  Economics dari Ecole Polytechnique, Perancis 1990,  Master of Science dari Ecole Nationale des Ponts et Chausses dan MBA dari Harvard Business School.

Agar kehadiran Datsun sebagai merek lama (heritage) dengan konsep mutakhir bisa diketahui oleh generasi sekarang, progres  ke arah produksi akan terus dipublikasikan. Misalnya, tentang pengembangan produksi dan konsep Datsun pada April mendatang. Bahkan, pertengahan tahun ini  - sekitar Juni – sosok Datsun yang akan dijual  di ketiga negara tersebut, diperkenalkan secara langsung. Bahkan, juga wartawan diberi kesempatan mengetahui atau melihat perbedaan langsung Datsun di Indonesia, India dan Rusia. (Bersambung) 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com