Harga Yamaha V-Ixion Naik

Kompas.com - 03/11/2009, 08:54 WIB
Editorbastian

JAKARTA, KOMPAS.com — Harga motor andalan Yamaha di segmen sport, V-Ixion, naik menjadi Rp 20.500.000 dari sebelumnya Rp 20.050.000 per unit sejak Oktober 2009. Lonjakan ini disebabkan berakhirnya masa harga promosi.

Dyonisius Beti, Vice President Director PT Yamaha Motor Kencana Indonesia, agen tunggal pemegang merek (ATPM) motor Yamaha, menjelaskan, sebaiknya penjualan Vixion di pasar domestik mencerminkan penerimaan positif dari konsumen.

"Harga yang kami tawarkan saat peluncuran merupakan harga promosi. Dengan tingkat penerimaan yang baik, kami putuskan secara perlahan mencabut subsidi dan menyesuaikan harga dengan nilai riil-nya," ujar Dyon di Jakarta, belum lama ini.

Vixion merupakan satu-satunya produk YMKI yang mengusung teknologi fuel injection (FI). Karena itu, harga motor menjadi di atas rata-rata segmen sejenis yang masih menggunakan karburator.

"Kita juga harus memenuhi volume penjualan yang besar. Jika penjualan per tahun mencapai 1 juta unit baru bisa ekonomis. Namun, nyatanya kan tidak demikian,” paparnya.

Mengacu data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) per September 2009, penjualan Vixion mencapai 136.379 unit. Jumlah ini bahkan sudah melampaui penyerapan sepanjang tahun 2008 yang tercatat 104.000 unit.

Hingga akhir tahun ini, merek motor berlambang garputala ini menargetkan akan melego sedikitnya 200.000 unit. "Kami yakin mampu mencapai target jualan tahun ini karena kompetitor juga menaikkan harga," jelas Dyon.

Sekadar mengingatkan, Honda juga telah menaikkan harga motor sport mereka, Mega Pro dan Tiger. Harga Mega Pro naik dari Rp 19,9 juta menjadi Rp 20,5 juta, sedangkan harga Tiger naik dari Rp 24,5 juta menjadi Rp 24,75 juta.

Masih mengacu data AISI, hingga kuartal III tahun ini Yamaha masih memimpin penjualan di segmen sport dengan pangsa pasar 44,6 persen mengalahkan Honda yang hanya 39,7 persen. Total penjualan motor sport Yamaha mencapai 155.594 unit, sedangkan Honda sebesar 138.625 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.