Zulkifli Hasan Terpilih Jadi Ketua Pansus Hak Angket BBM

Kompas.com - 09/07/2008, 14:40 WIB
Editor

JAKARTA, RABU - Zulkifli Hasan, anggota Fraksi PAN, akhirnya terpilih sebagai Ketua Pansus Hak Angket terkait kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM. Zulkifli Hasan adalah Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN.

Melalui pemungutan suara di Ruang KK I, Gedung DPR, Rabu (9/7) siang, Zulkifli Hasan meraih 28 suara dari 48 anggota pansus yang hadir. Empat kandidat lainnya adalah Bambang Wuryanto (PDI-P meraih 18 suara), Efiardi Asda (PPP, 0 suara), Sutan Bhatoegana (Demokrat, 0 suara), dan Ir H Azhar Romli (0 suara). Ketua Fraksi PKB Effendi Choirie mengatakan, terpilihnya Zulkifli menjadi jalan tengah.

"PAN juga kan salah satu pengusul. Keberadaan dia sebagai ketua penting karena untuk membawa idealisme fraksi yang sejak awal menggulirkan hak angket," kata pria yang akrab disapa Gus Choi ini. Sejak awal, F-KB, F-PAN, dan F-PDIP menjadi tiga fraksi yang mengawal lolosnya hak angket. "Dalam lobi tadi kita sepakat tiga fraksi yang menjadi pengusul masuk dalam pimpinan. Kalau tiga-tiganya masuk kita sudah sepakat bahwa Zul yang akan jadi ketua," katanya.

F-KB sendiri tak masuk dalam formasi pimpinan. Atas hal ini, Gus Choi menyatakan tak ada kekecewaan. "Ya itulah demokrasi," ujarnya. (ING)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X