Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zulkifli Hasan Terpilih Jadi Ketua Pansus Hak Angket BBM

Kompas.com - 09/07/2008, 14:40 WIB

JAKARTA, RABU - Zulkifli Hasan, anggota Fraksi PAN, akhirnya terpilih sebagai Ketua Pansus Hak Angket terkait kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM. Zulkifli Hasan adalah Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN.

Melalui pemungutan suara di Ruang KK I, Gedung DPR, Rabu (9/7) siang, Zulkifli Hasan meraih 28 suara dari 48 anggota pansus yang hadir. Empat kandidat lainnya adalah Bambang Wuryanto (PDI-P meraih 18 suara), Efiardi Asda (PPP, 0 suara), Sutan Bhatoegana (Demokrat, 0 suara), dan Ir H Azhar Romli (0 suara). Ketua Fraksi PKB Effendi Choirie mengatakan, terpilihnya Zulkifli menjadi jalan tengah.

"PAN juga kan salah satu pengusul. Keberadaan dia sebagai ketua penting karena untuk membawa idealisme fraksi yang sejak awal menggulirkan hak angket," kata pria yang akrab disapa Gus Choi ini. Sejak awal, F-KB, F-PAN, dan F-PDIP menjadi tiga fraksi yang mengawal lolosnya hak angket. "Dalam lobi tadi kita sepakat tiga fraksi yang menjadi pengusul masuk dalam pimpinan. Kalau tiga-tiganya masuk kita sudah sepakat bahwa Zul yang akan jadi ketua," katanya.

F-KB sendiri tak masuk dalam formasi pimpinan. Atas hal ini, Gus Choi menyatakan tak ada kekecewaan. "Ya itulah demokrasi," ujarnya. (ING)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com