Honda "Jazz" Versi Hybrid, Tak Lama Lagi!

Kompas.com - 22/05/2008, 16:07 WIB
Editor

SIAPA yang tak kenal dengan Honda Jazz? Seri hatchback ini telah menjadi fenomena tersendiri di pasar otomotif Tanah Air, dengan angka penjualan yang fantastis sejak pertama kali diluncurkan tahun 2001 silam. Selain desainnya yang manis, mobil yang memiliki nama asli Honda Fit ini mempunyai satu keunggulan yakni, tingkat konsumsi bahan bakar yang minim, tanpa mengorbankan performa.

Namun, segala keunggulan yang telah menjadikan Jazz sebagai trend setter mobil kompak dengan menjamurnya berbagai mobil sejenis, tak membuat varian ini berhenti berinovasi. Sebuah terobosan baru sedang dipersiapkan untuk kembali mengguncang pasar.

Kali ini, Toyota Prius bermesin hibrida yang menjadi sasaran tembak. Teknologi hibrida yang dikenal hemat dan ramah lingkungan, ternyata belum terlalu "membumi" dari sisi harga. Pada bagian ini-lah Honda Fit bergerak. Sebuah varian Fit edisi hibrida dengan harga kompetitif akan segera menjadi pesaing Prius. Hal ini diungkapkan CEO Honda Takeo Fukui dalam pidato pertengahan tahunnya.

Namun Fukui tak menyebutkan kapan produk tersebut diluncurkan ke pasar. Diperkirakan Fit hibrida akan mulai diperkenalkan pada 2009 bersamaan dengan dua model lainnya yakni New Civic Hybrid dan CR-Z concept car. Keempat mobil hibrida tersebut diproyeksikan akan merebut pasar hingga 500 ribu unit di pasar dunia.

Fit hibrida tak mengalami perubahan secara fisik, dengan lima pintu dan kapasitas lima penumpang. Untuk menghemat biaya, berbeda dengan varian sejenis yang menggunakan baterai lithium ion, Honda Fit akan memakai nickel-metal hydride batere pack. Sementara, untuk memenuhi permintaan pasar, pabrik Honda di Suzuka akan meningkatkan kapasitas produksinya di tahun 2009 dari 70 ribu per tahun menjadi 250 ribu.

Lalu kapan "Jazz" hibrida ini beredar di pasar Indonesia? ...



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X