Mobil Hybrid dari Toyota Ini Menempati Urutan Terlaris pada 2024, Apa Saja?

ELEKTRIFIKASI | Kompas.com - 06/08/2024, 09:00 WIB

Mobil Hybrid dari Toyota Ini Menempati Urutan Terlaris pada 2024, Apa Saja?

KOMPAS.com – Mobil hybrid electric vehicle (HEV) tengah menjadi primadona di pasar otomotif Indonesia.

Menurut data dari Gaikindo, penjualan mobil hybrid per April 2024 nasional mencapai 17.256 unit. Angka ini jauh melampaui penjualan mobil listrik yang hanya 7.745 unit.

Hal itu sekaligus menunjukkan bahwa masyarakat semakin sadar akan pentingnya efisiensi bahan bakar dan ramah lingkungan.

Sebagai salah satu produsen HEV terbesar, Toyota Astra Motor (TAM), berhasil meraih pangsa pasar yang signifikan.

Berdasarkan data Gaikindo per Maret 2024, terdapat 14 mobil HEV yang laris-manis. Enam di antaranya merupakan keluaran Toyota.

Pertama, Kijang Innova Zenix HEV dengan penjualan 1.872 unit sekaligus menduduki peringkat pertama dalam daftar tersebut. Mobil ini dikenal dengan kombinasi antara kenyamanan berkendara dan efisiensi bahan bakar luar biasa.

Performa mesin Kijang Innova Zenix HEV yang tangguh dan kapasitas interior yang luas menjadikannya pilihan favorit keluarga Indonesia.

Kedua, Toyota Yaris Cross HEV. Berada di posisi ketiga dalam daftar tersebut dengan penjualan 542 unit, mobil HEV ini berhasil menarik perhatian banyak konsumen. Hal ini tak lepas dari desainnya yang modern dan sporty, serta performanya yang tangguh di berbagai kondisi jalan.

Kemampuan dalam menghemat bahan bakar hingga 1:31 semakin menambah daya tarik Toyota Yaris Cross HEV. Ini artinya, mobil tersebut dapat menempuh jarak sejauh 31 km dengan 1 liter bensin.

Ketiga, Toyota Vellfire Hybrid. Meskipun tidak masuk dalam jajaran teratas, hanya terjual sebanyak 15 unit, mobil ini tetap menjadi pilihan bagi mereka yang mencari kendaraan premium dengan performa hybrid.

Toyota Vellfire Hybrid menawarkan kenyamanan premium dan fitur teknologi tinggi yang membuatnya menonjol di kelasnya.

Keempat, Toyota Camry Hybrid. Sama dengan Vellfire Hybrid, mobil ini juga mencatat penjualan 15 unit.

Dikenal sebagai sedan mewah, Camry Hybrid menawarkan kombinasi elegan antara desain yang sophisticated, performa mesin yang kuat, dan efisiensi bahan bakar yang mengesankan.

Kelima, Toyota Alphard Hybrid. Dengan penjualan 11 unit, mobil ini tetap menjadi pilihan utama bagi konsumen yang menginginkan kenyamanan maksimal dan fitur-fitur canggih.

Toyota Alphard Hybrid menawarkan pengalaman berkendara yang luar biasa dengan efisiensi bahan bakar yang optimal. Mobil ini juga menjadi satu mobil hybrid terlaris di segmen MPV mewah.

Keenam, Toyota Corolla Cross Hybrid. Meskipun hanya terjual sebanyak lima unit, mobil ini tetap menarik perhatian dengan desainnya yang elegan dan performa yang tangguh. Selain itu, kemampuannya dalam menghemat bahan bakar juga luar biasa, serta didukung kenyamanan dan fitur keselamatan lengkap.

Dikutip dari Kompas.id, Rabu (27/3/2024), dari keenam mobil HEV Toyota tersebut, Kijang Innova Zenix Hybrida, Yaris Cross Hybrid, dan Corolla Cross Hybrid merupakan pabrikan lokal yang diekspor ke lebih 100 negara.

Vice President Director PT TAM Henry Tanoto menyatakan bahwa Toyota berhasil mencatatkan pencapaian positif dengan peningkatan market share sebesar 2,1 persen pada periode Januari hingga Februari 2024.

Padahal, pasar otomotif nasional mengalami penurunan penjualan sebesar 22 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Selama dua bulan tersebut, Henry menuturkan, TAM berhasil menjual 44.000 unit kendaraan sehingga pangsa pasarnya mencapai 31,7 persen, sebagaimana diberitakan Antara, Rabu (20/3/2024).

Punya lima keunggulan utama

Keberhasilan enam model mobil hybrid Toyota tersebut tidak lepas dari lima keunggulan utama yang ditawarkan, yaitu performa berkendara maksimal, efisiensi bahan bakar, nilai jual kembali yang baik, garansi baterai yang panjang, dan kontribusi terhadap pelestarian lingkungan.

Dengan kombinasi tersebut, mobil hybrid Toyota tidak hanya menawarkan mobilitas yang cerdas dan ramah lingkungan, tetapi juga memberikan nilai tambah bagi konsumen.

Dengan pencapaian itu pula, Toyota terus menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan solusi mobilitas yang inovatif dan berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia.

Di tengah tantangan pasar otomotif yang fluktuatif, Toyota berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar dengan menghadirkan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau