Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sensasi Touring Singkat Honda PCX 160 Menuju HBD 2024

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Puncak Honda Bikers Day (HBD) 2024 sukses digelar di Dodiklatpur Kodam IV Diponegoro Klaten, Jawa Tengah, pada Sabtu (26/10/2024).

Tercatat sebanyak 22.157 bikers pengguna sepeda motor Honda dari berbagai daerah dan komunitas, memadati HBD 2024 yang sekaligus jadi ajang final battle kompetisi Honda Modif Contest (HMC) tahun ini.

Sebelum menuju lokasi acara HBD 2024, PT Astra Honda Motor (AHM) bersama Astra Motor Yogyakarta, mengajak rombongan media touring menjelajah beberapa lokasi wisata sekaligus merasakan lagi perfoma Honda PCX 160.

Memulai perjalanan dari Safety Riding Center Astra Motor Yogyakarta, sekitar 30 unit Honda PCX 160 langsung digeber menuju arah barat membelah jalan urban yang dipadati kendaraan, hingga masuk ke jalur sub urban dengan area pedesaan yang memiliki tekstur jalan berliku dan sedikit menanjak.

Kenyamanan PCX dibuktikan dengan posisi riding yang proper, serta handling yang lincah meski memiliki bodi yang bongsor.

Ketika melewati jalur lintas provinsi dengan jalan yang sedikit rusak di area persawahan, suspensi masih mampu meredam guncang meski harus diakui pada bagian belakang cenderung keras.

Total kurang lebih satu setengah jam perjalanan, rombongan tiba di Pantai Goa Cemaran untuk beristirahat sejenak, setelah melewati jalur berliku di wilayah Srandakan dan menikmati aspal mulus Ring Road Selatan yang merupakan jalan baru di bibir pantai.

Etape berikutnya, rute lebih menantang karena rombongan diajak menyusuri wilayah Gunung Kidul yang punya karakter jalan berliku dan dimensi yang minim, serta pemandangan alam yang indah hingga kembali ke jalur antarkota melewati turunan Puncak Pathuk untuk menuju destinasi HBD 2024.

Bermodalkan mesin 156,9 cc dengan tenaga puncak sebesar 16 Ps atau 15,7 Tk pada 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm di 6.500 rpm, Honda PCX 160 cukup memiliki performa untuk melewati ragam rute yang jadi menu dalam touring singkat pada gelaran HBD tahun ini.

Adanya fitur traksi kontrol yang berguna untuk mencegah ban belakang spin saat dikendarai, juga sangat membantu.

Sementara dari sisi kenyamanan, Honda PCX160 mampu memberikan posisi berkendara yang sesuai postur, ditambah dengan posisi kaki yang bisa menekuk atau selonjoran dan posisi setang mudah dijangkau.

Total jarak tempuh touring singat Honda PCX 160 dalam rangkaian HBD 2024 yang redaksi dapat dari unit yang digunakan sejauh 170,3 Km. Sementara untuk rata-rata konsumsi bahan bakar pada MID sebesar 48,6 kilometer per liter.

Ahmad Muhibbuddin, General Manager Corporate Communication PT AHM mengatakan, perjalanan sangat menyenangkan ditemani kenyamanan Honda PCX. Sepanjang perjalanan kita juga bertemu bikers lain yang antusias bersiap menuju gelaran puncak Honda Bikers Day 2024.

"Inilah bukti bahwa meski kita berbeda dan berasal dari berbagai daerah dan latar belakang, puluhan ribu pencinta sepeda motor Honda bersatu merayakan persatuan dan persaudaraan sesama bikers Honda seluruh di Indonesia," ujar Muhib, di Klaten, Sabtu (26/10/2024).

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/28/123100115/sensasi-touring-singkat-honda-pcx-160-menuju-hbd-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke