Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Intip Spek Maung MV3 Garuda Limousine, Mobil Baru Presiden Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto, terlihat memakai mobil terbaru buatan PT Pindad, yakni MV3 Garuda Limousine.

Terlihat ketika menyambut masyarakat setelah pelantikan, Prabowo berkeliling sambil berdiri dan sebagian badannya keluar dari sun roof.

Secara tampilan, MV3 Garuda Limousine ini kelihatan lebih mewah dibanding Maung. Kelirnya serba putih dengan pelek krom dan berbagai ornamen kepresidenan seperti tiang bendera serta pelat Indonesia-1.

Berdasarkan siaran resmi yang Kompas.com dapat, MV3 Garuda Limousine merupakan varian pengembangan terbaru dari MV3 yang didesain untuk mengakomodir secara langsung arahan Prabowo.

Direktur Teknologi & Pengembangan PT Pindad, Sigit P. Santosa mengatakan, keterlibatan Prabowo mendorong kemandirian industri nasional di bidang otomotif sebagai upaya maksimal dalam mewujudkan pengembangan kendaraan taktis militer dan kendaraan sipil secara utuh, mulai dari desain konsep sampai produksi masal.

Sigit menjelaskan, desain MV3 Garuda Limousine memperlihatkan karakter yang kuat dengan identitas Indonesia yang kental. Misal, seperti logo garuda di gril, pelek, dan tulisan Garuda di bagian belakang.

"Prabowo memiliki peran penting dalam mengungkapkan ide-ide inovatif, identitas bangsa, dan masukan terhadap kendaraan MV3 Garuda Limousine. Tim engineering kami beserta seluruh insan Pindad berupaya untuk mewujudkannya," ucap Sigit dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Minggu (20/10/2024).

"Hari ini produk buatan dalam negeri untuk pertama kalinya digunakan langsung oleh Presiden RI,” lanjutnya.

Secara dimensi, Garuda memiliki panjang sekitar 5,05 meter, lebar 2,06 meter, dan tinggi mencapai 1,87 meter.

Bobotnya mencapai 2,95 ton, mengingat Garuda Limousine memiliki proteksi tinggi dan menawarkan kenyamanan buat presiden.

Buat dapur pacu, dilengkapi dengan dengan mesin bertenaga 199 TK yang dikawinkan dengan transmisi otomatis delapan percepatan. Kecepatan maksimumnya tembus 100 Kpj.

Pindad mengutamakan proteksi dalam rancang bangun Garuda Limousine. Misal, material bodi menggunakan composite armor yang memiliki ketahanan terhadap amunisi kal. 7,62 x 51 mm NATO ball & kal. 5,56 x 45 mm M193, juga kaca antipeluru level B5/B6.

Selain itu, ban berukuran 21 inci menggunakan tipe Run Flat Tyre (RFT) yang bisa tetap melaju meski mengalami kebocoran di perjalanan.

Pada bagian eksterior, dilengkapi automatic footstep di bagian samping kendaraan untuk memudahkan pijakan keluar masuk kendaraan.

Logo Garuda melambangkan kekuatan dan gerak dinamis dengan kepak sayapnya yang mengembang menjadi simbol di berbagai bagian kendaraan, terpampang mulai dari bagian gril hingga pelek kendaraan yang tetap terlihat meskipun roda kendaraan sedang bergerak.

Motif gril terinspirasi dari batik parang yang menggambarkan kearifan lokal, sekaligus sebagai salah satu identitas bangsa.

Sementara di belakang, terdapat model knalpot dua lubang, disebut untuk meningkatkan performa kendaraan.

Buat interiornya, menggunakan bahan aksen kayu yang premium. Bangku penumpang model captain seat dengan pengaturan elektrik yang dilengkapi leg rest.

Garuda Limousine juga dilengkapi dengan head unit 12 inci, kamera 360 derajat, LED smart TV, lemari pendingin, dan portable WiFi.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/20/145800315/intip-spek-maung-mv3-garuda-limousine-mobil-baru-presiden-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke