Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ulas SOP Perbaikan Transmisi Matik di Bengkel Spesialis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan mobil transmisi otomatis (matik) semakin pesat, yang pada gilirannya mendorong pertumbuhan bengkel spesialis transmisi matik.

Seperti bengkel umumnya yang menangani servis mesin, bengkel khusus transmisi matik juga harus memiliki standar operasional prosedur (SOP) yang jelas.

Freddy Karya, supervisor Dokter Mobil (Domo) Transmisi di Kelapa Gading, Jakarta Utara, menyebutkan, bahwa pihaknya telah belajar mengenai standar perbaikan transmisi matik yang benar hingga ke Malaysia.

"Kami ingin menjadikan ini se-profesional mungkin, karena di bengkel matik itu belum ada standar yang baku," ujar Freddy saat ditemui Kompas.com, baru-baru ini.

"Bukan bermaksud merendahkan bengkel lain, tetapi ada yang melakukan pembongkaran transmisi di lantai, bahkan hanya dialasi kardus. Seharusnya, proses overhaul dilakukan di atas meja. Selain itu, suku cadang yang kotor harus dicuci bersih terlebih dahulu," katanya.

Freddy menegaskan bahwa SOP sangat penting dalam proses perbaikan. SOP tidak mempersulit, tetapi justru mempermudah proses bongkar-pasang dan perbaikan.

"Jika setelah dipasang ada yang kurang, maka harus dibongkar lagi. Kami terus belajar. Saat ini, kami sedang memesan mesin khusus untuk memeriksa selenoid," ujarnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/20/110200215/ulas-sop-perbaikan-transmisi-matik-di-bengkel-spesialis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke