Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mesin Motor Susah Hidup? Cek Karburator dan Sistem Pengapian

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendala sepeda motor yang sulit dihidupkan sering kali dialami pengendara, terutama saat menggunakan kick starter. Salah satu penyebab utama masalah ini adalah kondisi karburator dan sistem pengapian yang tidak optimal.

Komponen-komponen ini memegang peranan penting dalam memastikan motor dapat menyala dengan mudah dan berfungsi secara maksimal.

Menurut Wahyu Budhi, Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati (WMS), pemilik motor perlu memperhatikan kebersihan dan kondisi karburator serta sistem pengapian untuk mencegah masalah ini.

"Jika karburator dan pengapian tidak diperiksa secara berkala, maka motor akan semakin sulit dihidupkan, baik menggunakan kick starter maupun electric starter," kata Wahyu Budhi kepada Kompas.com, Kamis (17/10/2024).

Ia juga menekankan pentingnya melakukan servis rutin di bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) untuk menjaga performa motor tetap prima.

Menurutnya, servis berkala di bengkel resmi juga penting untuk menjaga kualitas komponen dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

"Dengan servis berkala, komponen penting seperti karburator dan pengapian akan selalu dalam kondisi optimal dan siap digunakan," kata Wahyu.

Untuk mencegah masalah ini, Wahyu menyarankan pemilik motor Honda agar selalu melakukan pengecekan berkala serta memastikan karburator dan sistem pengapian tetap bersih dan berfungsi dengan baik.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/18/144200215/mesin-motor-susah-hidup-cek-karburator-dan-sistem-pengapian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke