Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Restorasi Astrea Grand Jadi Baru Lagi, Tarif mulai Rp 5 Juta

JAKARTA, KOMPAS.com – Dunia otomotif, modifikasi motor telah menjadi sebuah tren yang populer. Salah satu aliran modifikasi yang menarik perhatian adalah restorasi.

Berbeda dengan modifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan performa atau tampilan secara ekstrem, restorasi fokus untuk mengembalikan motor ke kondisi asli atau mendekati kondisi aslinya.

Modifikasi restorasi mencakup penggantian suku cadang yang rusak, perbaikan komponen, dan pengecatan ulang agar sesuai dengan spesifikasi pabrik.

Salah satu bengkel yang mengerjakan restorasi adalah CRC di Depok, Jawa Barat. Uniknya, bengkel ini melayani berbagai motor lawas yang sedang digemari saat ini, misalnya Honda Astrea Grand.

Seperti diketahui, Astrea Grand merupakan bebek Honda generasi awal yang punya kode C100 dengan mesin berkapasitas 98 cc.

Motor yang meluncur pada era 1990-an ini sempat keluar dalam beberapa model seperti Impressa dan Legenda.

Sebagai salah satu motor terlaris pada masanya, pasti ada banyak orang yang memakai Astrea Grand buat aktivitas sehari-hari ketika itu. Dengan melakukan restorasi, pemilik tentu bisa sedikit bernostalgia dengan motornya.

“Ini Astrea Grand tahun 1994, biaya restorasi totalnya habis Rp 8 juta,” ujar Arie Seplahidiwa, pemilik bengkel modifikasi CRC, kepada Kompas.com (16/10/2024).

“Agak mahal karena beberapa part ganti orisinal. Kalau normalnya Rp 5 juta sampai Rp 6 juta, belum sama unit motor,” kata dia.

Arie menjelaskan, biaya restorasi di bengkelnya mulai Rp 5 juta. Biaya tadi untuk jasa bongkar pasang motor dan setting kelistrikan ulang.

Kemudian, biaya itu juga termasuk penggantian semua baut dengan yang baru. Lalu, repaint seluruh bodi-bodi dan rangka motor, serta setel jari-jari yang baru.

Namun demikian, biaya tersebut tidak termasuk penggantian spare part, baik itu mesin dan eksterior. Serta tidak termasuk vapour blasting/chrome.

“Kami terima restorasi semua motor dari tahun 1970 ke atas. Estimasi pengerjaan sekitar 4-6 minggu,” ucap Arie.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/17/070200515/restorasi-astrea-grand-jadi-baru-lagi-tarif-mulai-rp-5-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke