Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ideal Usia Pemakaian Radiator Mobil Berapa Lama?

KLATEN, KOMPAS.com - Radiator pada mobil memiliki peran penting sebagai komponen pelepas panas coolant. Cairan ini menjadi media pentransfer panas mesin, sehingga suhu kerjanya stabil.

Radiator memiliki usia pakai, artinya seiring pemakaian performanya akan menurun dan mengalami kerusakan.

Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis mobil matik Worner Matic mengatakan performa radiator wajib dijaga selalu prima.

“Tak hanya menjaga kestabilan suhu mesin, coolant juga bertugas menjaga transmisi matik tak mengalami overheating, sementara radiator sendiri punya usia pakai,” ucap Hermas kepada Kompas.com, Jumat (11/10/2024).

Hermas mengatakan, usia pakai radiator rata-rata sampai 15 tahun, namun dengan tidak merawatnya dengan baik bisa mengalami kerusakan lebih dini.

“Misal mobil tersebut tak memakai coolant, maka potensi kerusakan bisa meningkat karena ada korosi di saluran radiator, sedangkan bila sudah sampai 15 tahun sebaiknya radiator diganti,” ucap Hermas.

Hermas mengatakan, penggantian radiator ini sebagai langkah antisipasi dari pihak bengkel agar dapat memberi kenyamanan konsumen.

“Jangan sampai setelah mobil diservis di suatu bengkel, tapi ketika dipakai untuk perjalanan jauh masih mengalami overheating di jalan,” ucap Hermas.

Hermas mengatakan, ada kondisi radiator masih bisa dipakai, namun sebenarnya berisiko bila tidak segera diganti, bisa menyebabkan overheating.

“Bengkel yang baik harus bisa memperkirakan risiko tersebut, dengan menginformasikan kondisi secara jelas dan benar kepada konsumen, sehingga tidak ada kekhawatiran selama menggunakan mobil tersebut,” ucap Hermas.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/15/161200015/ideal-usia-pemakaian-radiator-mobil-berapa-lama-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke