Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perbaiki Lis Karet Pintu dengan Cara Suntik, Biaya mulai Rp 150.000

JAKARTA, KOMPAS.com - Lis karet pada pintu mobil menjadi salah satu komponen yang kerap luput dari perhatian pemiliknya. Padahal, fungsi lis karet ini termasuk vital dalam menunjang kenyamanan pengemudi maupun penumpang di dalam kabin.

Pertama, lis karet berperan meredam benturan ketika proses menutup pintu mobil karena berfungsi sebagai bantalan. Selanjutnya, guna meningkatkan kekedapan kabin terhadap suara dari luar kabin.

Bukan cuma itu, lis karet pintu turut bekerja menahan air masuk ke dalam kabin jika mobil tengah melaju di cuaca hujan atau melibas genangan air yang cukup tinggi.

Sama seperti komponen mobil lainnya, lis karet punya masa pakai yang terbatas. Artinya, bila usianya sudah terlampau bertahun-tahun dan tidak terawat, fungsinya akan jauh berkurang.

Mengganti lis pintu biasanya akan merogoh kocek jutaan, namun bagi pemilik kendaraan yang ingin merekondisi lis karet pada pintu mobil bisa memilih cara suntik dengan biaya yang lebih terjangkau.

“Kalau biaya tergantung mobilnya. Kalau Toyota Alphard Reborn Rp 150.000 untuk satu pintu, kalau seperti Toyota Avanza atau Mitsubishi Xpander Rp 400.000 untuk semua pintu,” kata Olih, kepada Kompas.com, Senin (14/10/2024).

Adapun untuk pengerjaannya, lis karet pada pintu mobil akan disuntik menggunakan selang yang elastis. Sementara untuk karet pintu asli tetap terpasang dan tidak ada yang dirobek.

“Untuk pengerjaan paling lama satu jam,” kata Olih.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/14/160100015/perbaiki-lis-karet-pintu-dengan-cara-suntik-biaya-mulai-rp-150000

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke