Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pasar Tak Kunjung Membaik, Gaikindo Masih Tahan Target Penjualan Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) belum berencana melakukan revisi target penjualan mobil tahun ini meskipun pasar nasional masih menunjukkan perlambatan.

Alasannya, diungkapkan Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto, karena pihaknya masih menunggu laporan dari para anggota asosiasi. Sebab segala perubahan ataupun ketentuan yang menyangkut kepentingan bersama harus didiskusikan.

"Kami masih menunggu masukkan dari para anggota. Kalau mereka menyatakan ini berat dan perlu direvisi, ya nanti akan direvisi," kata dia dihubungi Kompas.com, Rabu (3/10/2024).

Untuk diketahui Gaikindo telah menetapkan target penjualan kendaraan roda empat atau lebih pada tahun ini mencapai 1,1 juta unit. Jumlah ini naik tipis dari tahun sebelumnya yang terhenti di 1.048.040 unit.

Namun sepanjang Januari-Agustus 2024, kinerja penjualan mobil secara wholesales baru tercatat sebesar 560.619 unit atau turun 17,1 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).

Begitu pula untuk penjualan ritel, yang melambat 12 persen yoy dari 665.262 unit menjadi 584.857 unit.

"Kita lihat saja sisa tiga bulan ini. Kita masih ada beberapa pameran seperti GIIAS Bandung, Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW), dan lain-lain," ujarnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/03/173358515/pasar-tak-kunjung-membaik-gaikindo-masih-tahan-target-penjualan-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke