Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Honda City Type Z Banyak Diminati Konsumen Mobil Bekas, Harga Rp 50 Jutaan

JAKARTA, KOMPAS.com – Umur mobil lebih dari 10 tahun bisa disebut mobil tua meski belum masuk kategori "tua bangka." Mobil dengan umur 10-20 tahun masih banyak diminati di bursa mobil bekas.

Salah satu mobil umur 20 tahunan yang banyak dicari ialah Honda City Type Z. Bahkan menurut OLX, City Type Z masuk dalam 5 mobil yang banyak dicari tapi iklannya sedikit.

City Type Z merupakan sedan entry level Honda yang dilansir dari tahun 2000. Mobil ini hadir di kelas yang juga diisi oleh Suzuki Baleno dan Toyota Soluna di kelas sedan 1.500cc.

Andi, pemilik showroom mobil bekas Jordy Motor di MGK Kemayoran, mengakui bahwa memang masih ada konsumen yang mencari sedan lawas City Type Z.

"Memang kalau City memang banyak yang mencari itu benar," ujar Andi kepada Kompas.com, Rabu (7/2/2024).

Andi mengatakan, dibilang banyak yang mencari, tidak juga. Tapi kalau ada yang mencari memang benar, bukti sedan ini masih diminati.

Andi sendiri tidak tahu alasan sedan entry level Honda itu masih digandrungi namun setidaknya ada beberapa tolok ukur. Pertama, sedan masih punya citra tersendiri buat orang Indonesia, kedua harganya sudah murah.

Kemudian ketiga dari segi tampang City Type Z masih tidak terlalu ketinggalan zaman. Modelnya lebih modern daripada sedan lawas besutan 90’an.

"Saya sebetulnya tidak terlalu paham alasannya, tapi kira-kira karena modelnya masih bagus, kemudian harga (sudah murah), dan bensin lumayan irit. Bisa dibilang mobilnya itu simpel," ujar Andi.


Saat redaksi menelurusi lapak online di OLX iklan City Tipe Z relatif sedikit. Namun, kata Andi saat ini harga jual sedan awal 2000'an tersebut berada di angka Rp 50 juta - Rp 60 jutaan.

City Type Z pertama kali hadir pada tahun 2000. Sedan dengan kubikasi 1.500 cc itu bersaing dengan sejumlah nama seperti Suzuki Baleno Milenium, Toyota Soluna, Hyundai Accent dan Timor S515i.

Dibandingkan rivalnya City Type Z menjadi sedan entry level yang lebih baik sebab sudah mengusung teknologi variabel katub yaitu Variable Valve Timing and Lift Electronic Control (VTEC).

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/23/124200915/honda-city-type-z-banyak-diminati-konsumen-mobil-bekas-harga-rp-50-jutaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke