Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lebih Baik Ganti Bushing Saja atau Rack Steer KW?

KLATEN, KOMPAS.com - Rack steer merupakan perangkat pada sistem kemudi mobil. Sementara bushing merupakan bagian kecil dari perangkat tersebut yakni pemegang poros rack.

Bushing yang sudah pipih karena masa pakai, kerap menimbulkan ketidaknyamanan penumpang. Bunyi ketukan setiap kali kendaraan melintas di jalan jelek memberikan rasa was-was tersendiri.

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service Sukoharjo, mengatakan bunyi ketukan bisa berasal dari banyak sumber, salah satunya karena bushing rack steer sudah aus.

“Bushing rack yang aus sih masih aman untuk dipakai, cuma bikin tidak nyaman saja, iya bila memang sumber bunyinya dari sana, tapi ada kemungkinan dari komponen lain, bahkan bisa saja berbahaya,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Sabtu (21/9/2024).

Ketidaknyamanan itu, menurut Muchlis, sebaiknya diperbaiki agar selama perjalanan penumpang lebih percaya diri dan tidak terpaku pada bunyi-bunyi kerusakan kaki-kaki.

“Pilihannya kan bisa ganti rack steer assy, cuma harganya lumayan untuk pert genuine, ada juga pilihan onderdil aftermarket dengan kualitas lebih rendah (KW), soal harga memang bisa setengahnya,” ucap Muchlis.

Hanya saja, menurut Muchlis, konsumen perlu mempertimbangkan faktor keselamatan ketika hendak memakai onderdil KW, mengingat kualitasnya tidak sebaik yang genuine.

“Kalau memang masalahnya sudah dipastikan dari bushing, saya menyarankan diganti bushingnya saja, disamping ongkosnya lebih murah, kualitas rack steer dari bawaan pabrik masih dipertahankan,” ucap Muchlis.

Muchlis mengatakan, pemakaian onderdil genuine lebih menjamin kualitas dan durabilitasnya. Terlebih lagi rack steer merupakan komponen yang berpengaruh terhadap keselamatan penumpang.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/22/114100615/lebih-baik-ganti-bushing-saja-atau-rack-steer-kw-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke