Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yamaha R1 dan R1M Baru dengan Winglet dari Serat Karbon

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha R1 dan R1M memang sudah tidak lagi dijual versi jalan rayanya di Eropa. Tapi buat daerah lain seperti Amerika, tenang saja karena tetap mendapatkan R1 dan R1M versi 2025.

Dikutip dari Rideapart, Yamaha memperbaiki R1 dan R1M sesuai dengan keinginan para konsumen. Sebelumnya R1 dikeluhkan kurang memiliki pengereman yang mumpuni, kalah saing dengan superbike lain.

Makanya untuk R1 2025 sudah menggunakan kaliper depan monoblock Brembo Stylema dan master silinder Brembo baru. Begitu juga untuk suspensi depan, Yamaha mengandalkan versi terbaru dari KYB 43mm yang bisa disetel.

Secara visual, perbedaan paling menonjol adalah dipasangnya winglet dari serat karbon. Modelnya seperti yang dipasang ke motor Yamaha di MotoGP, bukan cuma gimmick, tapi juga bisa meningkatkan aerodinamis dan pengereman.

Buat R1M secara tampilan hampir mirip dengan R1 biasa. Tapi bedanya, hampir semua bagian bodi menggunakan serat karbon. Jadi kelihatan lebih padu dengan winglet yang juga dari serat karbon. 

Sisanya tidak berbeda dengan R1M yang lama, yang sebenarnya sudah bagus juga. Sistem suspensi dari Ohlins yang bisa disetel secara elektris, jadi yang baik tetap dipertahankan.

Buat harganya, R1 dibanderol 18.999 Dollar Amerika atau setara Rp 280 jutaan. Sedangkan yang R1M, harganya di Amerika tembus 27.699 Dollar Amerika atau sekitar Rp 419 jutaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/21/090200815/yamaha-r1-dan-r1m-baru-dengan-winglet-dari-serat-karbon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke