Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Sampai Tertipu, Ini Perbedaan Coating dan Poles

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak cara untuk membuat cat mobil makin mengilap. Bisa dengan cara poles atau memasang coating.

Secara keseluruhan, coating lebih unggul dibanding poles karena mobil akan terlihat lebih mengilap, bersih, dan tampak seolah masih baru. Selain itu, biaya perawatan antara poles dan coating terpaut cukup jauh.

Agar tidak terkecoh, ada baiknya pemilik kendaraan mengetahui perbedaan antara poles dan coating. Jangan sampai tertipu bengkel nakal yang menawarkan coating dengan biaya rendah, padahal yang dilakukan adalah poles mobil.

Daniel pemilik Barcode Autodetailing mengakatakan, saat ini memang banyak bengkel detailing yang menawarkan coating dengan harga murah, bahkan di bawah Rp 1 juta.

“Prinsip dasar nomor 1 ada harga ada rupa, banyak yang mengatasnamakan coating harganya murah. Mungkin bagi kebanyakan customer merasa untuk, tapi malah yang kita temukan pada praktiknya merek detailing murah di tempat lain, ujung-ujungnya ke tempat kita juga,” ucap Daniel, saat ditemui di Gading Serpong, Tangerang, Kamis (19/9/2024).

Daniel melanjutkan, pada jaman dulu banyak bengkel autodetailing murah yang memangkas proses pengerjaan. Namun, saat ini justru banyak yang menggunakan obat detailing palsu.

“Prinsipnya, kalau jaman dulu coating murah memangkas step pengerjaan tetapi memakai obat kurang baik, hasil tidak maksimal, daya tahan sebentar. Untuk palsu tidak lebih dari sebulan, yang bener bisa bertahun-tahun bahkan di atas 5 tahun,” kata Daniel.

Bicara soal biaya, untuk coating dibanderol dengan harga Rp 2,5 juta.

“Coating paling murah itu Rp 2,5 juta, untuk mobil LCGC atau city car,” ucap Daniel.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/19/192100715/jangan-sampai-tertipu-ini-perbedaan-coating-dan-poles

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke