Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gelagat Honda Bawa HR-V Hybrid ke Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda HR-V yang dijual di Indonesia hanya memiliki dua pilihan mesin, yaitu 1.5-liter biasa dan 1.5-liter Turbo. Sedangkan di pasar luar tersedia pilihan jantung pacu hybrid.

Seperti di Thailand, HR-V Hybrid sudah dijual sejak dua tahun lalu. Mobil ini mengandalkan mesin 1.5 L, i-VTEC, dengan dua motor listrik. Tenaga yang dihasilkan dari mesin dan motor listriknya mencapai 129 Tk. Tenaga tersebut langsung disalurkan ke roda depan.

Usai diperkenalkan di Thailand, tak menutup kemungkinan pabrikan otomotif berlambang ‘H’ tersebut bakal membawa HR-V hybrid ke Indonesia.

Indikasi ini dibuktikan dengan munculnya kode kendaraan di dalam situs resmi informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB), Rabu (18/9/2024). Pada bagian minibus Honda muncul kode RV58 CVT ZZ dan RV58 RS CVT ZZ yang diduga merupakan Honda HR-V Hybrid dengan nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) sebesar Rp 328 juta dan Rp 372 juta.

Namun, NJKB bukan harga patokan ketika mobil dipasarkan ke umum. Harga ini hanya menunjukkan nilai kendaraan sebelum dikenakan pajak penjualan seperti BBNKB, PPh, PPN dan lain-lain.

Terkait hal ini, Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) masih enggan berbicara lebih lanjut terkait model apa yang didaftarkan dalam NJKB tersebut.

“Pendaftaran di Samsat itu merupakan proses administratif yang belum mengacu pada waktu produksi atau peluncuran produk tertentu. Jadi, saat ini kami belum dapat memberikan informasi terkait hal ini,” ucap Billy kepada Kompas.com, Rabu (18/9/2024).

Sebelumnya rumor kehadiran HR-V Hybrid di Indonesia memang sempat mencuat. Bukan tanpa alasan, sebab HR-V Hybrid sendiri sudah meluncur di global. Selain itu, berdasarkan data penjualan, mobil ini menjadi salah satu model dengan penjualan terlaris.

Namun, untuk ekspansi produk (hybrid) menurut Billy, harus didasari oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah memiliki pasar besar, agar secara volume atau hitung-hitungan masuk dengan nilai investasi yang sudah dikucurkan nanti. Terlebih jika produk tersebut diproduksi di dalam negeri.

Sementara itu, di Indonesia baru ada dua produk mobil hybrid Honda, yakni CR-V dan Accord. Keduanya bermain di segmen atas dengan harga mulai Rp 800 jutaan sampai Rp 900 jutaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/19/080200315/gelagat-honda-bawa-hr-v-hybrid-ke-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke